Telkom Resmikan Smart City Di Sumenep

oleh -277 views

Reporter: Tim

Sumenep, suaraindonesia-news.com – 31 Mei 2016. Solusi Smart City sebagai kontribusi Telkom Indonesia untuk mewujudkan komitmen, peran serta dan pengabdian dalam mendorong percepatan pemanfaatan Teknologi ICT bagi tata kelola pemerintah daerah serta memberi layanan prima kepada masyarakat mulai diimplementasikan di Sumenep. Setelah melakukan penandatanganan MoU beberapa bulan lalu, maka kota di ujung pulau Madura ini siap bertransformasi menjadi Smart City.

“Kami menyadari, sebagai perusahaan milik negara yang mempunyai layanan terlengkap untuk Smart City, harus mengambil peran bersama-bersama Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota untuk mengimplementasikan Smart City yang modern, efisien, efektif, dan sesuai kondisi kebutuhan spesifik masing-masing wilayah dengan kearifan lokal masing-masing,”ungkap Executive Vice President Telkom Regional V Jatim, Bali Nusra Suparwiyanto.

Ditambahkan Parwi, pihaknya telah menyiapkan solusi ICT terintegrasi untuk mensupport 3C bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota. Mulai dari Connectivity, Content, dan Community. Parwi menyadari bahwa setiap kota dan kabupaten membutuhkan konten aplikasi yang customized sesuai dengan kearifan lokal masing-masing, dan untuk itulah pihaknya akan mencoba memberi solusi konten aplikasi yang juga customized, secara benar dan tepat. “Untuk solusi content ini, kami akan ajak Kepala daerah Pemkab atau Pemkot untuk datang ke Living Lab Smart City Nusantara. Disana mereka akan bisa mengetahui, mencoba, dan merasakan manfaat dari solusi smart city,” imbuhnya.

Sementara itu terkait dengan layanan content, solusi content ini dimungkinkan jika backbone kabel serat optik sudah tergelar, dan melalui penarikan backbone kabel fiber optik Metro E di Sumenep, berbagai layanan akan dengan mudah dideliver ke kabupaten seluas 2.093,45 km² dengan jumlah penduduk tak kurang dari 1.041.915 jiwa yang tersebar di 27 kecamatan ini.

Sesaat setelah dilakukannya video conference pada launching Sumenep Smart City,31/05, General Manager Telkom Gresik Madura, Ferry Zuljanna mengatakan,” Kami bangga bisa ikut membangun kota ini melalui solusi ICT terintegrasi, mulai dari connectivitynya, content, dan community nya,” sambungnya.

Pada sesi launching tersebut, Telkom memang menyediakan layanan video conference ke beberapa tujuan untuk beberapa program sekaligus. Untuk program Pembentukan wirausaha muda dilakukan dengan peserta pelatihan yang ada di BLK, Revitalisasi pasar dilakukan dengan peserta yang berada di Jangara, desa Paberasan, Optimalisasi pelayanan Rumah Sakit dilakukan vicon dengan direktur Rumah Sakit dan pasien, Penataan Taman  Bunga, penataan dan perizinan rumah makan dilakukan dengan Ketua Anshor, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau dilakukan dengan warga Satelit, Perijinan online / smart city dengan Ka BPPT, Penerapan e-Paten,Wifi.id Corner, Absen online, pembentukan BUMN Des, dan Kesehatan.

Tinggalkan Balasan