Tangkal Radikalisme, Polda Jatim Perkuat 3 Pilar Keamanan

Suara Indonesia-News.Com, Surabaya – Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf hari ini selasa (21/4/2015) meluncurkan “call center” nomer 1500210 sebagai perwujudan dari penguatan sinergi “tiga pilar” (babinsa babinkamtibmas-kepala desa) yang akan menjadi gard terdepan dalam strategi mengantisipasi ISIS, radikalisme, terorisme, gerakan anti-Pancasila, kriminalitas, dan konflik politik menjelang Pilkada Serentak 2015.

Pada kesempatan Peluncuran itu juga sebagai penanda dimulainya sarasehan “tiga pilar” Jatim yang juga dihadiri Gubernur Jatim Dr Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, dan sejumlah narasumber itu diselenggarakan di Auditorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jatim mengutip dari Penulis buku ‘Extreme Future’ Dr James Canton , Kapolda Jatim menyebut lima fenomena global yakni terorisme, kriminalitas, perdagangan narkoba, pemalsuan, dan kejahatan dimensi baru. yag jika dihubungkan dengan ISIS dan kelompok radikal itu merupakan fenomena global yang bukan main-main, bahkan Jatim juga terindikasi menjadi tempat pelatihan ISIS, karena ada jaringan ISIS di Surabaya, Malang, Lamongan, Tulungagung, Sidoarjo, dan sebagainya.

Oleh karena itu Kapolda menegaskan bahwa faktor keamanan merupakan hal yang penting dan akan menentukan “wajah” Jawa Timur, karena itu Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jatim melakukan sinergi “tiga pilar” hingga ke desa.

Untuk memperkuat dan memberdayakan “tiga pilar” itulah, Polda Jatim bekerja sama dengan PT Telkom meluncurkan aplikasi “tiga pilar” melalui “call center” nomer 1500210 yang tersambung ke SPKT (sentra pelayanan kepolisian terpadu) secara daring (dalam jaringan/online).

“Masyarakat bisa melaporkan apa saja yang diketahui, baik indikasi kejahatan, peristiwa kecelakaan, gejala radikalisme, hingga informasi apapun yang disampaikan lewat telepon, SMS, jejaring sosial, laman (website) Polda Jatim, atau datang langsung ke SPKT, lalu pada saat yang sama akan diteruskan secara ‘tiga pilar’,” papar Kapolda jatim. (Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here