Taktik Walikota Malang Tingkatkan Kesejahteraan Guru PAUD

oleh -284 views
Walikota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan sebelum membuka secara resmi Seminar Nasional Guru Paud juga Guru. (Foto: Guntur Rahmatullah).

KOTA MALANG, Rabu (13/3/2019) suaraindonesia-news.com – Walikota Malang Sutiaji membuka Seminar Nasional dengan tema ‘Guru PAUD juga Guru’ yang berlangsung di Graha Cakrawala Universitas Malang, Rabu (13/3) pagi.

Seminar yang dihadiri oleh 6.003 guru PAUD seluruh Jawa Timur tersebut membahas upaya Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) sedang memperjuangkan kesetaraan hak sebagai sesama tenaga pendidik (guru).

Sutiaji mengaku mempunyai teknik tersendiri untuk mengakomodir kesejahteraan bagi para tenaga honorer termasuk juga untuk para guru PAUD.

“Kami mengeluarkan surat edaran walikota kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk menyumbangkan sehari seribu yang langsung dipotong, itu potensinya Rp. 3 milyar pertahun untuk honorer yang juga guru PAUD,” terang Sutiaji kepada awak media.

Selain itu juga dia bisa memanfaatkan dari sektor pajak yang potensinya tidak kurang dari 1,5 milyar setahun.

“Banyak yang bisa kita lakukan tanpa harus menunggu keluarnya regulasi kalau pemerintah berupaya bisa semaksimal mungkin,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah mengatakan bahwa Pemkot Malang telah memberikan tambahan untuk para honorer sebesar Rp. 500 ribu perbulan.

“Nominal itu kita berikan di luar dari yang diberikan yayasan, untuk guru yang masa bhaktinya 2 tahun ke atas,” terang Zubaidah.

Dia juga sedang memperjuangkan supaya gaji honorer setara UMK.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan