Tak Ada Bencana, Rumah Warga Dibantaran Kali Kemuning Ambruk

oleh -194 views
Foto : Rumah warga dibantaran kali kemuning yang tiba-tiba ambruk. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Kamis (23/42020) suaraindonesia-news.com – Ini kejadian aneh. Tak ada bencana alam dan angin puting beliung, secara tiba-tiba rumah milik Asmad, warga Dusun Kaso’an, Desa Paseyan Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mendadak ambruk, Rabu (22/4/2020).

Asmad meyakini bahwa kejadian tersebut sebenarnya ada sebabnya, yakni struktur tanah di rumahnya rusak. Itu merupakan dampak dari proyek normalisasi sungai Kemuning beberapa waktu lalu.

Akibat kejadian tersebut, Asmad mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah dan harus memperbaiki secepatnya. Karena, rumah itu menjadi tempat berlindung keluarga kecilnya.

“Saya berharap ada perhatian dari pemerintah. Terlebih, ada ganti rugi dari pihak terkait yang sudah melakukan pekerjaan normalisasi sungai Kemuning,” terangnya.

Di tempat terpisah, Rakib Kepala Bidang (Kabid) Irigasi dan Air Baku, Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sampang, saat dihubunggi mengaku belum mendapatkan laporan terkait ambruknya rumah warga di sekitar Kali Kemuning.

Menurut Rokib, normalisasi Sungai Kemuning itu kegiatan BPWS Tahun 2019, bukan termasuk kegiatan yang dia tangani. Tetapi, untuk 2020 ini dirinya mengaku sebagai KPA proyek normalisasi sungai Kemuning.

“Masa pemeliharaan kegiatan itu selama 6 bulan. Terkait informasi ambruknya rumah warga di sekitar kegiatan, kami belum mendapatkan laporan resmi. Apakah benar ambruknya rumah warga tersebut akibat amblesnya bangunan bronjong atau tidak, kami belum tahu,” tandasnya.

Reporter : Nora/Luk
Editor : Amin
Publisher : Ela