Tahun 2019 Pemkab Jember Bangun 1.546 PJU

oleh
Sosialisasi pembangunan PJU tahun 2019. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (8/12/22019) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember, dr. Faida, MMR menyosialisasikan pembangunan penerangan jalan umum (PJU) kepada para pengusul yang terdiri dari Ketua RT, RW, pemilik pondok pesantren, kepala desa, lurah, camat.

“Kita undang mereka supaya tidak resah, mendapatkan kejelasan informasi tentang pembangunan PJU ini, supaya tidak dimasuki oknum-oknum yang mengaku atas nama bupati, atas nama pemkab atau dinas yang bilang ini proyek PJU mau turun tapi perlu pelicin dan sebagainya,” jelas Bupati Jember Faida usai memberikan sosialisasi di Aula Pendopo Wahyawibawagraha, Minggu (8/12) sore.

Menurut bupati, ada 5 poin kriteria lokasi prioritas pembangunan PJU
1. Jalan utama kabupaten dan provinsi.
2. Jalan menuju fasilitas umum.
3. Jalan di perumahan/ permukiman.
4. Jalan menuju pondok pesantren, sekolah.
5. Jalan menuju tempat pariwisata.

Faida menegaskan bahwa pembangunan PJU ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember, target pembangunan PJU harus selesai pada tahun 2021 sejumlah 31.693 titik. Sedangkan yang telah terbangun 24.193 titik.

“Untuk tahun 2019 ini sudah terbangun 1.546 titik menghabiskan anggaran sejumlah Rp. 14.537.849.000,” imbuhnya.

Rincian pembangunan PJU selama 2019 yakni jalan nasional sejumlah 155 titik, jalan provinsi 155 titik, jalan kabupaten 309 titik, jalan menuju sekolah maupun pondok pesantren sejumlah 232 titik, jalan menuju perumahan dan permukiman 618 titik dan jalan menuju tempat wisata sejumlah 77 titik.

Seorang pengusul pembangunan PJU, Agus Sumaryono mengatakan pembangunan PJU ini memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Masyarakat sangat bergembira sekali, karena selama ini belum ada PJU di lingkungan kami sejak jaman bupati yang sebelumnya. Dengan adanya PJU ini wilayah kami menjadi lebih terang, kegiatan perekonomian masyarakat lebih baik lagi,” kata Agus yang merupakan Ketua RW 028 lingkungan Pattimura Kelurahan Jember Kidul Kec. Kaliwates Jember.

Atas nama warganya, Ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membangun PJU sejumlah 15 titik di lingkungannya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *