Susun Rencana Kerja Tahun 2020, Pemkab Nias Laksanakan Musrenbang Tingkat Kabupaten

NIAS, Rabu (13/3/2019) suaraindonesia-news.com – Untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Nias selenggarakan Musrenbang Kabupaten Nias, yang dilaksanakan di Aula pertemuan lantai 3 kantor Bupati setempat, Rabu (13/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias, Edwin Fanolo Hulu, ST, MT, dalam laporannya menyampaikan tujuan dan hasil yang di harapkan Kabupaten Nias.

“Tujuan yang diharapkan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan ini antara lain adalah melakukan penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Nias, serta merumuskan saran dan masukan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020, yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat Daerah,” terang Edwin.

Sedangkan hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang saat ini kata Edwin, untuk memperoleh saran dan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada pendekatan teknokratis, penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan serta tersusunnya arah kebijakan pembangunan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM pada arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan Musrenbang merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD.

“Penyelenggaraan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang merupakan pelaksanaan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017, dimana forum ini nantinya diharapkan akan menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias, sinkronisasi dan integrasi serta sinergitas antara Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD), masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan dalam pencapaian secara komprehensif tujuan pembangunan Kabupaten Nias,” terang Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan jika sebelum melaksanakan Forum Musrenbang ini telah terlebih dahulu melaksanakan tahapan perencanaan yang berjenjang.

“Sebelum kita melaksanakan Forum Musrenbang ini, telah dilaksanakan berbagai tahapan perencanaan yang berjenjang, baik melalui Penelaahan Pokok-pokok Pikiran DPRD, Musrenbang RKPD Kabupaten di Desa, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah untuk beberapa bidang pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias, sehingga Rancangan RKPD semakin berkualitas,” beber Bupati.

Hadir pada acara tersebut Bupati Nias, Wakil Bupati, Sekda Kabupaten Nias, para kepala OPD lingkup Kabupaten Nias, Ketua DPRD bersama Anggota DPRD Kabupaten Nias, Para Kepala Desa, serta tokoh masyarakat Kabupaten Nias.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here