Susu Jelang Kedaluwarsa Di Kosumsi Siswa Di Kota Batu

susu yang di bagikan selasa tanggal 26 kemarin. Dan kanan susu yang beredar di pasaran

Kota Batu, suara indonesia-news.com – Ada beberapa hal yang berbeda dan aneh menurut saya tentang kemasan susu yang diperuntukkan untuk anak sekolah SD – SMP di Kota Batu dengan yang di jual di pasaran ( toko atau counter penjual susu)  oleh produsen yang sama ( Koperasi Susu Batu ). Ungkap Direktur Lembaga Pemantau Pengawas Pengeluaran  Keuangan Negara dan Daerah ( LP3KND ) Supriyadi. (27/05/2015).

Nyaris tidak berbeda susu di pasaran harga 2500 ( kiri dan kanan) dengan susu dari pemerintah harga 3200 (Tengah).
Nyaris tidak berbeda susu di pasaran harga 2500 ( kiri dan kanan) dengan susu dari pemerintah harga 3200 (Tengah).

Menurutnya, keanehan pertama ada pada kemasan, yaitu kemasan sama persis antara yang di jual di toko atau counter dengan yang diberikan kepada siswa siswi SD – SMP se Kota Batu, tidak ada perbedaan jauh antara kemasan 140 ml ( jual di pasaran ) dengan kemasan 200 ml ( untuk siswa SD – SMP ), selisih 60 ml itu janggal, ” tandasnya.

Kejanggalan, selain pada kemasan diatas, kata dia, yang kedua ada pada isi atau volume susu yang dikemas, menurut dia, tidak selisih jauh antara Isi 140 ml dengan 200 ml.

Keanehan yang ketiga, kata dia, ada pada tanggal kadaluwarsa. Di pasaran sudah beredar susu pasteurisasi yang berlakunya hingga tanggal 05 Juni 2015 atau tertulis dikemasan 05 615. Tetapi, kata dia, susu yang diberikan ke siswa tertanggal saat hari itu juga.

Contohnya, susu yang dibagikan pada hari selasa tanggal 26 Mei 2015, disitu ( dikemasan tertulis 260515. Artinya, kata Supriyadi, susu yang diberikan sudah menjelang kedaluwarsa. Hal ini perlu ada kajian tertentu oleh pihak pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan.

Dan yang keempat adalah, harga dipasaran sangat murah yaitu Rp.  2500 per cup ( di toko dan counter produsen yang sama) akan tetapi sangat berbeda dengan yang diberikan ke siswa dan dianggarkan oleh pemerintah yaitu Rp. 3200 per cup. (kurniawan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here