Sumenep Siaga Virus Zika, RSUD Siapkan Tempat Khusus

Dr. FITRIL AKBAR, M. Kes, Direktur RSUD. Dr. H. Moh. Anwar Sumenep

Reporter : Liq

Sumenep, Jumat 9/9/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Meyebarnya virus zika di berbagai daerah di Indonesia membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai siaga.

Demikian dibuktikan dengan disiapkannya kamar khusus isolasi bagi pasien terjangkit virus itu. Kendati belum ada korban di kabupaten ujung timur pulau madura itu,  pihak RSUD Sumenep telah menyiapkan 5 ruang isolasi bagi penderita penyakit zika.

“Virus zika itu adalah virus yang mudah menular, khususnya bagi ibu hamil itu sangat berbahaya. Bagi ibu hamil virus zika  mengakibatkan tulang tengkurak mengecil,” jelas Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep dr. Fitril Akbar, Jumat (9/9/2016).

Menurutnya, dari sejumlah gedung, pihak rumah sakit meyiapkan ruang isolasi khusus pasien yang terserang virus itu.

“Mulai dari gedung untuk anak-anak, penyakit dalam dan gedung lainnya, masing-masing ada ruang isolasi,” terangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep dr. Fatoni mengaku, disejumlah puskesmas pihaknya telah meyiapkan ruang isolasi bagi penderita penyakit zika itu.

“Semuanya baik,  baik puskesmas yang ada di daratan maupun di Kepulauan,” papar Fatoni.

Ia juga mengatakan telah melakuan pelatihan-pelatihan terkait dengan penanganan virus zika, sekaligus dengan oabat-obatnya.

Dijelaskan Fatoni,virus zika tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes, terutama spesies aedes aegypti, kalau gejalanya, kondisi yang terjangkit virus itu tubuhnya panas, lemes, mual-mual dan pusing.

“Jadi Kalau ada gejala seperti itu, harus mulai diwaspadai, disamping gejala-gejala yang lainnya,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here