Suka Main Game, Ini Tips Memilih Laptop Gaming 2021

oleh -45 views
Foto: www.pexels.com

Foto: www.pexels.com

Permintaan laptop gaming semakin meningkat karena banyaknya turnamen game yang diadakan secara nasional maupun internasional.  Laptop gaming hadir dengan berbagai varian yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan Anda memperhatikan detail setiap komponen laptop agar menemukan mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda perlu menyimak  tips memilih laptop gaming yang tepat. 

7 Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik 2021

Ada banyak sekali merk laptop gaming yang diperjualbelikan dengan berbagai spesifikasinya. Anda bisa memulai dengan menyiapkan dana untuk mendapatkan laptop terbaik. Berikut tips yang bisa coba untuk memilih laptop gaming. 

  • Tipe VGA pada Laptop

Pertimbangkan tipe VGA yang digunakan untuk mendapatkan laptop yang mendukung permainan. Angka pertama pada penomoran seri VGA merupakan tingkat kualitasnya. Misalnya VGA laptop itu adalah NVIDIA GeForce 920M. 

Angka 9 artinya generasi ke-9. Angka 20 artinya adalah  skor performa laptopnya. Perbandingannya dengan tipe VGA yang belakangnya 750M, maka secara grafis laptop ini lebih baik karena skor 50 tetapi teknologi VGA lebih lama atau lambat. Anda harus memilih yang keduanya sama-sama tinggi agar mendapatkan laptop gaming terbaik.

  • Jenis Prosesor

Cara memilih laptop untuk gamers yang perlu diterapkan adalah mengetahui jenis prosesornya. Pilihlah yang memiliki sistem grafis terintegrasi, dimana kinerja laptop lebih efektif dan efisien. Prosesor yang disarankan salah satunya tipe ULV atau prosesor yang hemat daya.

  • Unit CPU

Tips memilih laptop gaming lainnya adalah dengan mempertimbangkan kualitas CPU. Kinerja CPU adalah sebagai otaknya laptop yang bekerja mengirim sinyal ke komponen sistem laptop yang lainnya. Pengaruhnya terhadap kecepatan frame saat bermain game dan mempengaruhi pemakaian baterai. 

Perhatikan fitur yang dimiliki CPU, yaitu kecepatan clock yang fungsinya mempengaruhi jumlah siklus yang dijalankan setiap detik (dihitung dalam GHz). Jika kecepatan clock tinggi, berarti CPU bekerja lebih cepat. Anda bisa bermain game jenis apa pun yang Anda inginkan. 

  • Besar RAM 

Tips selanjutnya untuk memilih laptop gaming adalah besaran RAM. Paling kecil RAM yang direkomendasikan adalah 4GB. Jika Anda mau yang anti lelet, pilihlah RAM sebesar 8GB. Namun jika Anda punya banyak dana, maka Anda bisa memilih RAM 16GB. 

Kalau pun harus memilih yang RAM standar, pastikan bisa menggunakan tambahan. Jenis penyimpanan RAM yang bagus adalah Solid-state drives (SSD), yang lebih bagus dari jenis lama yaitu HDD. Kelebihan SSD jenis memori flash (NAND) yang secara elektronik membaca dan menulis blok data tanpa menggunakan komponen yang bergerak. 

SSD loading cepat untuk mengakses data. Kelebihan lainnya SSD memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan HDD. RAM yang besar tidak perlu membuat Anda bingung ingin mengunduh game jenis apa pun. 

  • Ukuran Layar Laptop

Laptop gaming terbaik 2021 bisa Anda dapatkan dengan memilih ukuran layar laptop yang besar. Rekomendasi untuk para gamers adalah laptop dengan ukuran 15 sampai 17 inch. Namun jika dana yang Anda miliki sangat minim, tidak masalah memilih ukuran layar 14 inch untuk bermain game. 

Ukuran layar mempengaruhi keseruan bermain game dan ukuran gambar. Semakin besar layar, akan semakin leluasa Anda untuk bermain game. Hanya saja, ukuran layar ini tentunya mempengaruhi berat laptop. Jika ukuran layar besar, maka berat laptop juga menyesuaikan. Apa pun ukuran layarnya, jangan lupa untuk menggunakan anti gores agar kualitas layar bisa tahan lama. 

  • Keyboard

Tak harus membeli laptop gaming termahal, Anda bisa mendapatkannya dengan memilih keyboard dengan backlit. Jangan lupa untuk memeriksa keyboard yang dibeli. Fitur tersebut fungsinya untuk membuat Anda lebih seru saat bermain game. 

Adanya desain backlit LED juga bagus untuk menambah keseruan bermain game. Pilih juga laptop dengan fitur Anti Ghosting, fitur tersebut dapat mempermudah Anda memainkan game yang mengharuskan Anda menekan lebih dari tiga tombol keyboard secara bersamaan.

  • Daya Tahan Baterai

Tips membeli laptop untuk gamers selanjutnya adalah melihat daya tahan baterai. Pilihlah baterai dengan kapasitas penyimpanan dayanya besar agar tidak mudah kehabisan baterai saat bermain game. Daya tahan baterai juga penting agar baterai tidak mudah rusak atau panas sehingga tidak mengganggu keseruan saat bermain game. 

  • Kualitas Audio Speaker

Kualitas audio merupakan salah satu tips yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop gaming. Kualitas audio terbaik membuat Anda bisa bermain game tanpa perlu menggunakan speaker eksternal. Jika kualitas audio speaker laptop Anda bagus, maka suara game akan terdengar sangat jelas dan tidak pecah. 

  • Garansi Laptop

Berikutnya yang perlu diperhatikan ketika akan membeli laptop gaming adalah adanya garansi laptop. Carilah laptop yang menawarkan garansi lebih dari dua tahun sebagai sebuah kelebihan dari laptop tersebut, karena umumnya garansi hanya berlaku 1 tahun. Pastikan juga garansi laptop ini resmi dan tidak sulit untuk diklaim garansinya. 

Dari tips memilih laptop gaming yang ada, Asus Rog bisa menjadi pilihan terbaik untuk para gamers. Spesifikasi dari laptop ini memenuhi semua kriteria laptop gaming. Performa laptop ini yang kencang cocok sekali untuk bermain game apa saja. Baterainya juga awet. Menariknya lagi, laptop ini ringan dan mudah dibawa kemana saja. Jadi, Anda bisa bermain game kapanpun dan dimanapun. 

Pembelian laptop gaming bisa Anda lakukan secara online, jadi Anda tak perlu pusing mendatangi satu demi satu toko yang menjual laptop. Tinggal mengunjungi situs Blibli dan mencari Asus Rog di kolom pencarian. Setelah menemukannya, Anda bisa langsung memasukkan ke keranjang belanja apabila sudah memiliki akun Blibli. 

Jika Anda belum mempunyai akun, silahkan mendaftarkan akun terlebih dulu, lalu log in untuk bisa belanja online. Tidak perlu ragu, Blibli adalah situs marketplace yang terpercaya. Transaksi yang dilakukan aman dan cepat. Anda juga bisa melihat spesifikasi produk yang akan dibeli dengan mudah. Tunggu apalagi, segera belanja laptop gaming di Blibli!.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *