Songsong Paskah, KMK Keuskupan Agung Kupang Gelar Baksos di Pasar Ikan Oeba

KMK KAK saat menggelar Aksi Baksos di Pasara Ikan Oeba Kota Kupang, Sabtu (03/03).

KOTA KUPANG-NTT, Sabtu, (03/03/2018) suaraindonesia-news.com – Sebagai bentuk pemaknaan konkret Generasi Muda Katolik Kota Kupang terhadap agenda aksi puasa diri dalam menghadapi perayaan paskah tahun 2018 atau yang dikenal dengan masa pra paskah, Pengurus Organissi Keluarga Mahasiswa Katolik Keuskupan Agung Kupang (KMK KAK) menggerakkan 80an anggotanya untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan bakti sosial yang digelar kompleks Pasar ikan Oeba, Kota Kupang, Sabtu (03/03/2018).

Pastor Moderator Keluarga Mahasiswa Katolik Keuskupan Agung Kupang (KMK KAK) RD. Hironimus Nitsae disela-sela kegiatan baksos tersebut mangatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari generasi muda katolik terhimpun di dalam Keluaraga Mahasiswa Katolik (KMK) Keuskupan Agung Kupang (KAK) untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitar khususnya pasar Oeba yaang menjadi salah satu pusat tercecernya sampah.

Menurut Nisae, Kegiatan Baksos ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang ada dalam agenda Aksi Puasa Pembanguan Paskah tahun ini.

“Kita memilih lokasi tempat pelelangan ikan Oeba karena tempat ini merupakan salah satu tempat umum yang tidak bebas dari masalah tumpukan samapah, kegiatan baksos ini merupakan kegiatan tahunan KMK Keuskupan Angung Kupang yang didalamnya melibatakan semua organisasi mahsiswa katolik di sejumlah kampus di Kota Kupang dan sekaligus menjadi bagian dari Agenda aksi puasa pembangunan menjelang perayaan Paskah tahun 2018,” Ujar Romo Hironimus.

Baca Juga: Gubernur NTT Imbau Semua Bupati Kontrol Dana Desa 

Sementara Ketua Keluaraga Mahasiswa Katolik (KMK) Fakultas Sains dan Teknik (FST) UNDANA Kupang, Fermina Tani’i dalam kesempatan tersebut mengharapkan kepada masyarak sekitar baik penjual ikan maupun pembeli agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat disekitar pasar oeba baik para penjual ikan maupun pembeli agar dapat membuang smapah pada Tempat Pembuangan Umum (TPU) atau bak samapah yang sudah disediakan, saya lihat masyarakat belum sadar untuk membuang samapah pada tempatnya,” harap Tani’i.

Ardianus Kopol (46), salah seorang penjual ikan di pasar setempat mengaku senang dan bersyukur dengan kehadiran adik-adik mahasiswa yang telah membantu membersihkan sampah yang ada dipasar ikan oeba demi kenyamana dan kebersihan bersama.

“Saya sangat bangga dengan adk-adik mahasiswa yang telah peduli dan datang bersihkan sampah yanga ada di pasara oeba karena kebersihan adalah harapan kita semua, kami akan menyadarakan masyarakat setempat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan,” cetus Ama Ardi.

Reporter Yoko
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here