SMP Negeri 2 Blang Pidie – Abdya Lakukan’ Try Out ‘Dalam Hadapi Ujian Nasional

oleh -119 views
Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Drs Yusnaidi, M.Pd. Foto direkam beberapa minggu yang lalu.(N).
Suara Indonesia-News.Com, Blangpidie_Aceh Barat Daya – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), SMP Negeri 2 Blang Pidie Aceh Barat Daya lakukan TRY OUT disekolah guna untuk meningkatkan kemampuan siswa saat menghadapi Ujian Nasional (UN), yang di laksankan serentak seluruh Indonesia. Sabtu (21/3/2015).
 
“Try out sudah lama dilakukan namun masih sebatas di sekolah dan soalnya dibuat oleh guru yang telah mengikuti pelatihan dari Provinsi Aceh. Try Out di sekolah ini merupakan kegiatan sebelum dilakukan di tingkat Kabupaten dan Provinsi,” kata Kepala sekolah SMP 2 Negeri Blangpidie Nur Hayani,S.pd.  
Nur Hayani menambahkan, sebelum melakukan Try Out di sekolah para guru sudah terlebih dahulu menyusun soal. Soal yang disusun oleh guru merupakan rincian dari beberapa mata pelajaran yang diperkirakan akan masuk dalam Try Out tingkat Kabupaten dan Provinsi.

“saat ini kita disekolah sedang malakukan pendalaman materi Ujian Nasional (UN) dan membahas Standar Kelulusan (SKL) juga kisi-kisi soal ujian nasional, yang akan dilaksanakan pada hari senin, selasa, rabu siang, justru untuk try out ini sudah kita laksanakan beberapa bulan sebelumnya, dan untuk kedepan direncanakan pada bulan April 2015.”
 
hanya langkah awal saja namun soalnya tetap merupakan acuan nanti saat pelaksanaan Try Out Kabupaten dan Provinsi,” ujarnya.
 
Lanjutnya, UN yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal, tanggal 4 s/d 7 Mai 2015 mendatang siswa-siswa masih mengikuti Try Out tingkat Sekolah dan Kabupaten yang akan dilaksanakan Maret dan Try Out Kabupaten pada April mendatang.
 
Dalam pelaksanaan UN kedepan para siswa hanya dapat mengandalkan diri sendiri karena dalam ruangan akan dibagi paket. Setiap mata pelajaran berbeda dengan siswa lainnya.
 
“UN nanti siswa hanya bisa mengandalkan diri sendiri, tidak bisa mencontek dengan temannya karena soalnya berbeda dengan mata pelajaran setiap siswa. Makanya dengan dilakukan Try Out dari sekolah ini merupakan modal dasar bagi siswa untuk menjawab soal-soal yang diberikan pada saat UN nantinya” kata dia.
 
Persiapan Siswa kesekolah Unggul
Untuk saat ini kita juga sudah mempersiapkan anak-anak kesekolah unggul, yang  ingin melanjutkan Pendidikan baik jalur undangan maupun jalur tes, didalam Kabupaten maupun diluar Kabupaten, Insyaallah dengan jumlah siswa 289 yang terdiri sepuluh class tiga yang akan ikut Ujian Nasional tahun ini, kita menargetkan 100%  kelulusannya. ucapnya.
 
Sementara itu, Kadisdik Abdya Drs.Yusnaidi M.pd saat dikonfirmasi wartawan suaraindonesa-news via Handphone seluler mengatakan “Pelaksanaan Try Out disekolah-sekolah dilingkup Dinas Pendidikan, bertujuan supaya kita bisa melihat sejauh mana siswa-siswa menguasai materi pada saat menghadapi Ujian Nasioanal (UN) yang Insyaallah dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada bulan mai 2015. Dan pelaksanaan Try Out disekolah.
 
“saya selaku kadis selalu turun kesekolah untuk memantau pelaksanaannya, sehinga tidak ada terkesan  main-main, ini suatu tantangan buat sekolah dan juga dinas. Kerana Pemerintah Pusat sudah memberikan kewenangan kepada Daerah.” ucap mantan Kep. SMA Modal Bangsa Provinsi Aceh tersebut.
 
Kadis, Ingatkan para kepala Sekolah dan Dewan Guru,
Ia juga menambahkan, Kepala sekolah selaku penanggung jawab disekolah jangan terlena lakukan pengawasan anak-anak dilingkungan sebaik mungkin, dan bersamaan dengan komite sekolah, guru pengajar maksimalkan pelayanan dengan baik
 
“disekolah ini bukan lembaga Hukum, akan tetapi lembaga pindidikan, justru harus ada kerjasama dan keterbukan dalam pelaksanaan kegiatan apapun dan setiap ada program kegiatan disekolah yang berhubungan dengan anggaran sesuaikan dengan petunjuk aturan yang telah digaris kan” harapnya, (N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *