Siapa dr. Martin Thomsen, Berikut Penjelasan Bupati Nias

oleh -723 views
Bupati Nias saat di wawancarai awak media.

NIAS, Kamis (21/1/2021) suaraindonesia-news.com – Dengan diresmikannya RSUD Gunungsitoli yang berubah nama menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias banyak warga yang bertanya siapa dr. M. Thomsen sehingga namanya di abadikan sebagai nama RSUD di Kepulauan Nias.

Hal tersebut di jawab Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM saat menyampaikan arahannya di peresmian gedung dan nama RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias, Kamis (21/1).

Menurut Bupati Nias bahwa dr. Martin Thomsen adalah dokter pertama yang bertugas di rumah sakit lama saat itu.

“RSUD Gunungsitoli telah berdiri sejak tahun 1963 atas prakarsa VEM, sebuah organisasi keagamaan yang berasal dari Jerman, bekerja sama dengan Gereja BNKP yang ada di Kabupaten Nias. RSUD ini dibangun pertama kali beralamat di Jalan Yos Sudarso Gunungsitoli dengan konstruksi bangunan dari kayu yang dikenal oleh masyarakat Nias sebagai rumah sakit lama. Pada saat itu rumah sakit ini dilayani oleh seorang dokter yaitu dr. Martin Thomsen dibantu oleh istrinya yang juga seorang dokter dan beberapa perawat yang merangkap melakukan semua tindakan medis yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Bupati Nias.

Seiring dengan berjalannya waktu, terlebih saat bencana gempa bumi melanda Kepulauan Nias tanggal 28 Maret 2005 yang lalu, RSUD Gunungsitoli yang saat ini beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo telah mengalami perubahan dan perkembangan yang pesat, baik dari sisi sarana maupun sumber daya manusia.

“Pada perkembangannya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan RSUD Gunungsitoli sebagai rumah sakit regional se-Kepulauan Nias dan hingga saat ini kita meresmikan gedung sekaligus pergantian nama RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. Martin Thomsen Nias,” terang orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Nias itu.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan