Sewindu Pasar Seni Lukis Indonesia

M. Anis, Ketua Sanggar Merah Putih

SURABAYA, Suara Indonesia-News.Com – Sanggar Merah Putih akan kembali menggelar Pasar Seni Lukis Indonesia, di Hall JX International  Surabaya. Pesta para pelukis dari seluruh Indonesia tahun ini akan berlangsung tanggal 2 s/d 11 Oktober,  diikuti 228 pelukis dari seluruh Indonesia.

“Direncanakan sewindu  PSLI ini akan dibuka bersama Menko Polhukam  Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Jawa Timur Pak De Karwo dan budayawan Erros Djarot. Ketiganya akan melukis bersama  mewakili unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seniman dengan disaksikan para pelukis dan undangan,” kata M. Anis, Ketua Sanggar Merah Putih.

PSLI adalah even dari  seniman dan masyarakat untuk ikut memeriahkan HUT ke 70 Provinsi Jawa Timur. Even ini sudah menjadi agenda bagi para pelukis Indonesia, sehingga mereka telah benar-benar mempersiapkan diri untuk ikut PSLI.

Sebagai laporan sekaligus juga informasi, dapat kami sampaikan bahwa perkembangan PSLI tahun 2008  yang berlangsung di Balai Pemuda diikuti 118 pelukis dengan 60 stand/booth, telah terjual  196  buah lukisan nilai transaksi Rp 480 juta.  Pada PSLI 2014  yang  berlangsung  di JX International dari tanggal 3 s/d 12 Oktober  2014 telah terjual  784 lukisan dengan nilai transaksi Rp 2,7 milyar.

Transaksi  yang terus meningkat dari tahun ke tahun ini mengindikasikan beberapa hal, antara lain kwalitas karya lukis yang makin bagus,  bertambahnya peminat karya lukis, promosi yang memadai,  serta pertumbuhan ekonomi rakyat yang terus meningkat, kata M. Anis.(Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here