Seto Mulyadi: Komnas Perlindungan Anak Sudah Tidak Ada lagi

oleh
Seto Mulyadi

JAKARTA, Jumat (15 September 2017) suaraindonesia-news.com – Banyaknya organisasi perlindungan anak saat ini membuat senior aktifis perlindungan anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto itu angkat bicara tentang Komnas Perlindungan Anak, lembaga yang pernah dia pimpin selama 3 periode saat itu.

Kepada suaraindonesia-news.com, melalui sambungan teleponnya menjelaskan tentang sejarah terbentuk Komnas anak.

“Terbentuk pertamakali LPAI yang diketuai oleh menteri sosial tahun 1997 lalu di tahun 1998 karena reformasi, menteri sosial menyerahkan LPAI kepada masyarakat, lalu LPA yang sudah terbentuk dari berbagai provinsi berkumpul mengadakan forum Nasional untuk membentuk pengurus yang baru dan pada saat itu saya (Seto, red) terpilih menjadi ketua umum yang pertama lalu dengan berjalannya waktu, saya mengusulkan LPAI berganti nama menjadi Komnas Perlindungan Anak,” terang Kak Seto.

Lanjutnya, tahun 1998-2002 saya terpilih menjadi Ketua Umumnya, 2002-2006 saya terpilih lagi untuk kedua kalinya dan 2006-2010 saya terpilih lagi menjadi ketua umum untuk yang ketiga kalinya.

“Lalu saya mengusulkan agar tokoh-tokoh muda terpilih menjadi ketua umum, maka dari situlah Arist Merdeka Sirait terpilih menjadi Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak dan di tahun 2015, Arist Merdeka Sirait memperpanjang masa jabatannya melalui forum Nasional di Batu Malang, beliau sempat terpilih kembali, ternyata sampai satu tahun diawasi oleh LPA yang ada di Indonesia, lalu ada permasalahan maka dibentuk Forum Nasional Luar Biasa dan forum memutuskan saat itu mencabut mandat kepada saudara Arist Merdeka Sirait sebagai ketua Komnas PA dan Saya yang sebagai Ketua Pembina saat itu ditunjuk sementara untuk memimpin kembali Komnas Perlindungan Anak,” jelas Seto.

Lebih lanjut, Seto menjelaskan jika disaat kepemimpinan dirinya saat itu nama Komnas PA reformasi kembali karena yang ada nama Komisi tidak boleh digunakan kalau bukan Lembaga Negara, maka dari itu melalui forum dirubah nama lagi menjadi LPAI. Baca Juga: Pelayanan PT Pos Indonesia Cabang Sumenep Tidak Beres, Konsumen Kecewa

“Jika Komnas Perlindungan Anak yang dimiliki saudara Arist Merdeka Sirait saat ini bentukan baru yang memanfaatkan popularitas Komnas Perlindungan Anak yang pertama kali saya bentuk,” tuturnya.

Menurutnya, Nama Komnas PA yang saat ini di miliki Arist Merdeka adalah bentukan baru yang memanfaatkan popularitas Komnas Perlindungan Anak yang pertama kali ia bentuk, bahkan LPA yang di bentuk di bawah Komnas Anak adalah berupa LPA LPA tandingan.

“Saya mengharap kalau mau bentuk yang baru silahkan, jangan pakai nama Komnas Perlindungan Anak yang pernah kami besarkan,” tutur Seto.

Semenetara Arist Merdeka sirait saat dihubungi melalui sambungan telponnya belum bisa tersambung hingga berita ini di publikasikan. (T2g)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *