Sepi Pembeli, Harga Ayam Potong Naik

Foto: salah seorang warga saat menawar harga ayam potong, di jalan pramuka pasar Tradisional Blangpidie.

ABDYA ACEH, Kamis (14 September 2017) suaraIndonesia-news.com -Harga jual ayam di pasar tradisonal Aceh Barat Daya (Abdya) mulai merangkak naik, Kenaikan harga tersebut dipicu naiknya harga jual ayam di tingkat peternak. Sehingga sejumlah pedagang ayam sepi dikunjungi pembeli.

Harga ayam mulai naik sejak sebulan terakhir, biasanya harga ayam potong hanya 40ribu per ekornya kini mencapai 50 hingga 60 ribu, sedangkan untuk ayam Ras dari 35ribu kini mencapai 40 hingga 50 ribu perekornya, sementara ayam kampung dari 60ribu melonjak naik 80ribu.

‘’Harga ini naik sudah dari pemasoknya,’’ terang seorang pedagang ayam di jalan pramuka pasar tradisional abdya, Suparman, warga desa Guhang Blangpidie.

Dia mengatakan, sekarang harga sejumlah bahan pokok naik makanya harga jual ayam di tingkat peternak mengalami kenaikan, sehingga para pedagang ayam terpaksa menjualnya dengan harga tinggi.

“Sejak harga ayam mengalami kenaikan, kini sejumlah pedagang ayam sepi dikunjungi pembeli,” katanya.

Naiknya harga ayam di pasaran tidak semata akibat naiknya harga ayam di tingkat peternak. Dia menyatakan, mahalnya harga ayam potong di pasaran juga diakibatkan panjangnya rantai distribusi ayam dari peternak hingga sampai ke tangan pedagang. Karena ayam yang kita pasok berasal dari banda aceh dan medan.

Suparman berharap, adanya peran pemerintah untuk menstabilkan harga ayam, dengan demikian masyarakat bisa membeli ayam dengan harga terjangkau, dan para pedagan ayam pun ramai dikunjungi para pembeli, pungkas Suparman.(Nazli Md).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here