Sepekan, Polres Probolinggo Kota Ringkus Kawanan Residivis Pelaku Jambret HP

oleh -475 views
Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari, saat konferensi pers tunjukkan para pelaku kejahatan dan Barang Bukti (BB) hasil kejahatan para pelaku, Senin (16/11).

PROBOLINGGO, Senin (16/11/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam waktu sepekan, Polres Probolinggo Kota berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas) dijalanan/jambret spesialis Hand Phone (HP) yang mayoritas korbannya kaum hawa.

“Salah satu korbannya adalah Devi Tri Wulandari (Pelajar), alamat Dusun Krajan-2 RT.18/RW.04 Desa Sepohgembol, Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. TKP barat trafic light Jalan Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, saat korban mencari sinyal untuk kegiatan belajar secara daring, pada hari Minggu (8/11) sekitar jam 11.00 WIB,” ungkap Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari saat konferensi pers, Senin (16/11) sore.

Modus operandi para pelaku ini, lanjut Kapolres AKBP RM Jauhari, para pelaku ini melakukan mafing, berkeliling/hunting mencari korban dan mendapati korban sedang mencari sinyal dengan alasan mencari sinyal untuk kegiatan belajar secara daring, dan akhirnya HP korban dijambret oleh dua orang pelaku.

“Kedua pelaku berhasil kita ringkus, dan setelah diperiksa ternyata kedua pelaku adalah residivis, yang sudah berulang kali melakukan modus yang sama di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota,” terang AKBP RM Jauhari.

Karena penjambretan HP dijalanan akhir-akhir ini lagi marak, untuk itu kita himbau kepada warga masyarakat untuk terus waspada, berhati-hati, jangan memberi peluang kepada pelaku tindak kejahatan untuk beraksi.

“Dengan cara, seperti pelajar saat menggunakan HP untuk belajar secara daring jangan dipinggir jalan. Cari tempat dirumah dan didampingi oleh orang tuan. Kemudian jangan sendiri-sendiri dan saling menjaga. Artinya jangan memberi peluang kepada pelaku kejahatan,” pesan AKBP RM Jauhari kepada warga masyarakat.

RM Jauhari juga menyampaikan, dalam sepekan ini pihaknya selain berhasil mengungkap para pelaku jambret HP, juga berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian sepeda motor (Ranmor).

“Seorang pelaku ranmor yang kita amankan berinisial NK (25), alamat Dusun Kapasan RT.22/RW.09 Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Pelaku ranmor ini kita jerat pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman pidana hukuman penjara 7 tahun,” tegasnya.

Menurut data di Sat Reskrim Polres Probolinggo Kota, para pelaku spesialis jambret HP yang berhasil diringkus dalam waktu sepekan terakhir ini ada 5 (lima) orang tersangka.

1). Berinisial HP (26), alamat Dusun Karanganyar RT.30/RW.09 Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang.
2). Berinisial EF (26), alamat Dusun Pancoran RT.16/RW.02 Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo.
3). Berinisial SE (21), alamat Dusun Krajan RT.01/RW.02 Desa Tigasab Wetan, Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo (sementara diamankan dalam perkara lain di Polsek Leces Polres Probolinggo, terkait pencurian kabel tembaga di areal PT Kertas Leces).
4). Berinisial H (29), alamat Dusun Pasar Sambek RT.12/RW.02 Desa Kropak, Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo.
5). Berinisial AW (23), alamat Dusun Kapuran RT.05/RW.02 Desa Tempuran, Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo.

Menurut Kapolres Probilinggo Kota AKBP RM Jauhari, para pelaku spesialis jambret HP ini beda jaringan dan kasusnya masih terus didalami, dan semuannya adalah merupakan residivis.

“Para pelaku ini beda jaringan dan terus kita dalami. Karena semua tersangka ini adalah residivis. Para pelaku kita jerat pasal 365 Ayat (1) KUHPidana,” tandas mantan Kapolsek Metro Tanah Abang ini.

Reporter : Singgih Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *