Senpi Anggota Polres Probolinggo Kota Diperiksa Tim Ops Gak Tib Plin Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim

oleh -34 views

PROBOLINGGO, Rabu (24/3/2021) suaraindonesia-news.com – Tim Ops Gak Tib Plin Subbid Provos Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Kepolisian Daerah Jawa Timur bersama dengan Propam Polres Probolinggo Kota menggelar pemeriksaan senjata api (Senpi) inventaris Polres Probolinggo Kota, Rabu (24/3/21) siang.

Ketua tim Bidpropam Polda Jatim Kompol Iswahab mengatakan, ada ratusan senpi milik anggota jajaran Polres Probolinggo Kota diperiksa.

“Ya, dilakukan pemeriksaan senjata api milik masing-masing satuan kerja. Mulai dari anggota polres sampai anggota Polsek jajaran,” kata Kompol Iswahab.

Kompol Iswahab juga menjelaskan pemeriksaan senjata api oleh Bidpropam Polda Jatim itu merupakan kalender rutin dari bidang yang propam dan diikuti juga pemeriksaan sikap tampang.

“Tujuannya pemeriksaan ini untuk memastikan senjata api dalam kondisi siap pakai dan digunakan,” katanya.

Ditemui disela-sela kegiatan, Kasi propam Polres Probolinggo Kota Ipda Rudy mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut untuk memastikan kelayakan senjata api dan mengecek persyaratan seperti surat-surat dan kebersihan senjata api tersebut.

Bila ada surat-surat yang ditemukan dalam kondisi mati, maka senjata api akan diambil. Hal itu, kata Kasi merupakan sanksi bagi anggota.

“Jika surat senjata api maupun kebersihannya tidak diperhatikan, maka senjata api tersebut akan ditarik. Dan itu sudah menjadi sanksi bagi anggota,” katanya.

Menurutnya anggota yang memegang senjata api juga harus memenuhi syarat.

“Misalnya, psikologi dan ujian praktik menembak yang harus dilalui para anggota,” pungkas Ipda Rudy.

Reporter : S. Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *