Sengketa, Pleno Penetapan Bupati-Wakil Bupati Terpilih Ditunda

Kasubbag Teknis Humas Kip abdya,Agus mudaksir, SH.

Reporter : Nazli, Md

ABDYA ACEH, Sabtu (04/03/2017 ) suaraindonesia-news.com  – Pasca digugatnya Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) terkait perselisihan hasil pemilihan bupati setempat oleh Pasangan Calon (paslon) Said Syamsul Bahri – M Nafis Amanaf melalui kuasa hukumnya Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh, Safaruddin ke Mahkamah Konstitusi (MK). Plono penetapan bupati terpilih terancam di tunda.

Kasubbag Teknis dan Humas  KIP Abdya, Agus Mudaksir kepada Suaraindonesia-news.com Jum’at (2/3/2017) ketika dihubungi melalui saluran selulernya yang mengakui sedang berada di Jakarta dalam rangka mendampingi pihak Komisioner KIP Abdya mengakui, pleno Tahapan penetapan bupati-wakil bupati terpilih bisa saja ditunda.

Menurutnya, penundaan itu kemungkinan bisa dilakukan dikarenakan, saat ini KIP Abdya masih memberikan klarifikasi permasalahan tersebut di MK.

“Pleno penetapan bupati terpilih kemungkinan besar ditunda, karena saat ini kita semua sedang menunggu keputusan yang resmi dari MK,”sebutnya.

Seperti yang diketahui, berkas permohonan paslon Said-Nafis telah dicatat dalam Buku Pengajuan Perkara Konstitusi (BP2K) dan kelengkapan permohonan pemohon akan diperiksa berdasarkan peraturan MK nomor 1 tahun 2016 tentang pedoman beracara dalam perkara perselisihan pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

Dalam gugatan itu, Safaruddin sebagai kuasa hukum meminta agar MK dapat membatalkan keputusan KIP Abdya nomor 02/Kpts/KIP-Kab-001.434543/tahun 2017 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Abdya 2017 pada 23 Februari 2017 lalu.

Selain itu, memerintahkan KIP Abdya untuk menerbitkan keputusan terbaru tentang penetapan Said Syamsul BahriI dan M Nafis A Manaf sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya dalam pemilihan 2017.

Serta memerintahkan termohon untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di Abdya dengan mengikutsertakan termohon sebagaima yang telah di tetapkan dalam Keputusan KIP Abdya nomor : 58/Kpts/KIP-Kab-001.434543/Tahun 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here