Senam Pagi RTH Balung Meningkatkan Perekonomian

Senam pagi RTH Balung (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (24/2/2019) suaraindonesia-news.com – Penataan ulang Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh Kabupaten Jember terbukti memberikan dampak positif bagi warganya. Hal ini merupakan wujud dari janji kerja Bupati Jember yaitu mengembangkan kegiatan olahraga, kesenian, kebudayaan, kepemudaan, berbasis taman-taman publik.

Pagi ini, warga kecamatan Balung merasakan manfaat dari RTH Balung. Sekitar 1000 orang lebih mengikuti senam bersama rutin yang diadakan oleh Paguyuban ORORA (Oleh Rakjat dan Oentoek Rakjat) setiap hari minggu. Agenda ini pun berdampak pada peningkatan ekonomi para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Sutarmin penjual cilok di sekitar RTH Balung mengatakan bahwa omset pendapatannya meningkat sejak adanya even senam bersama setiap hari minggu.

“Kalau hari biasa omset bersihnya sekitar Rp. 50 ribu sampai Rp. 80 ribu, ketika hari minggu ada senam ini meningkat bisa sampai Rp. 150 ribu seharinya,” terang Sutarmin kepada suaraindonesia-news.com

Camat Balung, Widyaka mengatakan bahwa dibangunnya RTH Balung dimana ada jogging track, bangku serta meja sehingga warga dapat duduk dengan enak di ruang publik telah membawa dampak yang banyak bagi warganya.

“Kami mengadakan survey yaitu pedagang ayam goreng sebelum adanya RTH ini pendapatannya Rp. 400-500 ribu, setelah adanya RTH pendapatannya meningkat menjadi Rp. 1.8 juta per harinya, sangat bermanfaat kebijakan Ibu Bupati merevitalisasi RTH ini,” terang Widyaka.

Dia juga menjelaskan bahwa rencana ke depannya dengan akan menyelenggarakan Car Free Day.

“Ke depannya dengan seijin ibu Bupati, kita akan mengadakan car free day untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di kecamatan Balung,” tandasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here