Seluruh Isi RPSTW Garut Lenyap Terbawa Keganasan Banjir Bandang Garut Hingga Menelan Korban Meninggal Dunia

Reporter: Iran G Hasibuan

 Bogor, Rabu 19/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – suaraindonesia. Ternyata Rumah Perlindungan Sosial Tresna Werdha (RPSTW) Garut juga terkena dampak banjir bandang yang melanda kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rumah Perlindungan Sosial Tresna Werdha (RPSTW) Garut yang di kenal masyarakat sekitar sebagai Panti Jompo Jiwa Baru yang beralamat Jl. RSU dr. Slamet No 9 B, tak luput dari korban keganasan banjir bandang hingga menelan korban materi dan korban meninggal dunia.

Menurut Kepala Perlindungan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Ciparay Bandung Adang Surahmin AKS,. MM yang didampingi sukarelawan Umar siregar, bahwa di RPSTW Garut sendiri terdapat 17 orang pegawai dan 75 klien.

Ditambahkan Adang saat peristiwa mengenaskan itu tejadi, sarana prasarana RPSTW Garut habis terbawa banjir. Sehingga harta benda pegawai,klien, pramuwerdha, perawat lansia dan Peksos RPSTW Garut raib dibawa banjir bandang ujarnya. Sementara untuk korban meninggal dunia adalah 2 orang dari klien RPSTW garut.

Dikatakan Adang, keseluruhan korban selamat (klien, pramuwerdha, perawat lansia dan Peksos), dalam waktu 15 jam sudah terevakuasi ke Balai BPSTW Ciparay Bandung.

“Alhamdulillah dalam waktu 15 jam sudah terevakuasi ke BPSTW Ciparay Bandung,” ungkapnya.

Seperti kita ketahui banjir bandang terjadi akibat hujan yang turun sejak Selasa (20/9) dalam intensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah lagi tingginya tingkat kerentanan tanah. Banjir bandang tersebut terjadi menjelang tengah malam, di Kecamatan Tarogong Kidul terutama, di daerah aliran sungai Cimanuk,hingga air sungai Cimanuk meluap langsung menghantam pemukiman sekitar.

Ketinggiannya mencapai 1,5 meter hingga 2 meter yang membuat atap rumah penduduk terendam banjir bandang. Sementara menurut BNPB kerugian dari akibat banjir bandang yang melanda kabupaten Garut mencapai Rp 288 M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here