Seleksi Panwascam Kota Batu Masih Sepi Pendaftar

oleh -83 views
Foto: Sosialisasi peraturan dan non peraturan dalam pemilu serentak 2024 yang berlangsung di hotel Tamara Kota Batu.

KOTA BATU, Sabtu (24/09/2022) suaraindonesia-news.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu yang telah membuka Pendaftaran calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) sejak Rabu (21/09/2022) kemarin.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman mengatakan, pendaftaran yang dibuka mulai 21 hingga 27 September 2022 itu, hingga saat ini masih terdapat 10 pendaftar.

Menurutnya, jika pada batas waktu yang telah ditentukan masih terdapat 10 orang pendaftar saja, maka akan dilakukan perpanjangan waktu.

“Jika hingga pendaftaran ditutup, jumlah minimal pelamar belum terpenuhi, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran, sebab di Kota Batu minimal butuh 18 orang pendaftar yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi,” kata Abdur Rochman, Sabtu (24/09).

Pihaknya juga mengungkapkan, setiap kecamatan minimal terdapat pendaftar 6 orang calon Panwascam yang dipilih dari separuhnya yakni 3 orang.

“Di Kota Batu terdapat tiga kecamatan, maka yang diperlukan 18 orang Calon Panwascam. Meski demikian kami optimis, karena masih ada waktu tiga hari, temen-temen pendaftar biasanya ambil watu limit untuk melengkapi berkas persyaratan administrasi,” ujarnya.

Dirinya mengaku sudah melakukan sosialisasi ke beberapa desa dan kelurahan, serta ke sejumlah Ormas dan tokoh masyarakat,.

Jika dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran, kata dia, diagendakan pada tanggal 1 hingga 7 Oktober 2022 mendatang, dibarengi dengan penyetoran dokumen fisik dari peserta pendaftar, kemudian dilanjutkan dengan penelitian admistrasi.

Dia menerangkan, persyaratan penting untuk mendaftar menjadi Panwascam diantaranya harus WNI, umur minimal 25 tahun, pendidikan terakhir SMA, tidak menjadi anggota Partai politik dan tidak pernah terlibat narkoba.

“Surat keterangan bebas narkoba dari BNN bisa dipenuhi ketika sudah sah menjadi anggota Panwascam, untuk lebih lengkapnya semua persyaratan dan formulir bisa diunduh di website atau laman resmi Bawaslu Kota Batu,” terangnya.

Untuk diketahui, Bawaslu Kota Batu sudah melakukan sosialisasi peraturan dan non peraturan dalam pemilu serentak 2024 yang berlangsung di hotel Tamara, Kota Batu.

“Panwascam yang dulu berbeda dengan sekarang, kalau sekarang insentifnya ketua Rp 2,2 juta sedangkan anggota Rp 1,9 juta,” kata dia lebih lanjut.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan