Selamatkan Sumber Mata Air, Warga Gelar Karnval di Sungai Brantas

oleh -21 views
Karnaval arum jeram

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, suaraindonesia-news.com – Ratusan  warga kelurahan sisir kota Batu, Sabtu (23/4/2016) siang menggelar karnval  atau kirab di sungai brantas, mulai ketua RT,  RW, Perangkat kelurahan, tokoh Masyarakat dan warga peduli lingkungan  ikut memeriahkan acara tersebut.

Digelarnya karnaval atau kirab di sungai brantas itu  dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sumber mata air sungai brantas yang menjadi sumber penghidupan masyarakat jawa timur.  Dan dalam kegiatan ini selain carnval di area sungai brantas juga di lakukan pelepasan 3000 benih  ikan di sungai yang panjangnya sekitar 320 kilometer ini

Dian Fahroni , Lurah Sisir, Kec/kota Batu saat ditemui, usai acara karnaval mengatakan  bahwa karnaval ini sebagai rangkain festival brantas yang di gagas pemkot Batu  yaitu sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan terlebih lagi hulu sungai brantas ada di kota Batu.

“Acara  ini dinamakan on the river carnival  atau karnaval  sungai brantas, dimana  acara tersebut  dibarengi dengan pelepasan benih ikan,  dalam acara ini kita ingin menyandingkan  antara wisata dengan lingkungan dengan kondisi seimbang dan selaras,” Kata Dian Fahroni

Menurutnya,  dengan kondisi seimbang dan selaras diharapkan dapat memajukan wisata di kota Batu menjadi  ke level nasional dan internasional. Karena satu-satunya didunia istilahnya sungai brantas hanya ada di kota Batu.

“Kita sebagai hulunya wajib untuk menjaga ekosistem  untuk menjaga kondisi sungai brantas, sehingga sungai brantas yang telah menaungi di 18 kabupaten/kota di jawa timur ini  kedepannya bisa diselamatkan,” jelasnya.

Lanjutnya,  65 persen kebutuhan air di jawa timur atau mengcaver 25 persen wilayah Jawa Timur, maka  warga Kota Batu sebagai hulu harus menjaga lingkungan  sumber mata air sungai brantas.

Ia juga meyebut  acara selain  menaburkan benih ikan  juga dilakukan oleh warga  kelurahan Sisir  dan warga kota Batu dengan menggelar arung jeram dan kirab  di aliran sungai brantas dengan mengenakan kostum – kustum yang unik dan menarik

Sedang Camat Batu Aris Setyawan yang ikut dalam kegiatan brastas festival ini, mengapreseasi warga  kelurahan sisir kecamatan Batu yang menggelar acara ini dan hal itu sebagai bentuk kepedulian masyarakat kota Batu dalam menjaga dan merawat lingkungan.

lanjut Aris, apalagi peran sungai  barntas ini sangat vital sebagai sumber penghidupan dimana salah satunya sungai brantas ini yang melintasi 18  kota dan kabupaten di jawa timur, sangat tepat untuk diselamatkan.

“Kami sangat bangga digelarnya acara seperti ini, Dan rencananya pemkot Batu akan m.engadakan event ini setiap tahunya agar bisa menjadi salah satu destinasi  tujuan wisata di kota Batu,” Kata Aris

One thought on “Selamatkan Sumber Mata Air, Warga Gelar Karnval di Sungai Brantas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *