Selamatkan Demokrasi Jaga Reformasi, BEM Bersama KM Unija Gelar Mimbar Darurat Demokrasi

oleh -89 views
Foto : Momen Badan Eksekutif Mahasiswa bersama Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Mimbar demokrasi "Selamatkan Demokrasi Jaga Reformasi".

SUMENEP, Rabu (07/02/2024) suaraindonesia-news.com – Badan Eksekutif Mahasiswa bersama Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Wiraraja menggelar Mimbar Demokrasi “Selamatkan Demokrasi Jaga Reformasi” bertempat di Kampus Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu (07/02).

Hal ini menyikapi carut marutnya politik menjelang pesta demokrasi pemilu 2024 untuk menjaga keutuhan Demokrasi dan menjaga Reformasi.

Sebelumnya juga diberbagai media ramai perdebatan dari berbagai tokoh, akademisi serukan darurat demokrasi menjelang pemilu pilpres 2024.

Presiden BEMA Universitas Wiraraja, Amir mengatakan, sejatinya perguruan tinggi mempunyai peranan sentral dalam memanifestasikan kontrol terhadap proses pemilihan umum (Pemilu) agar berjalan sesuai dengan mekanisme aturan perundang-undangan di negara kesatuan republik Indonesia.

“Mahasiswa ini merupakan elemen vital penting sebagai agent of social control untuk mengawal dan mengawasi setiap kiprah dinamika dunia perpolitikan bangsa ini,” ucapnya, Rabu (07/02).

Menurutnya, pada momentum pemilu ini tidak hanya sebatas menjadi sarana legal-formal masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin negara Indonesia.

Baca Juga: OKARA ke-6 HMP Matriks STKIP PGRI Sumenep Resmi Dibuka, Ratusan Peserta Antusias

Namun kata Amir, yang lebih esensial dalam politik praktis adalah bisa memberikan kesadaran politik terhadap masyarakat yang berorientasi dalam meningkatkan citra demokrasi dan integritas masa depan bangsa.

Melihat fenomena tersebut pihaknya menyebutkan bahwa urgensi Mahasiswa Universitas Wiraraja Madura sebagai elemen penting bangsa untuk melakukan diseminasi tentang penyadaran terhadap masyarakat.

Penyadaran itu baik secara kolektif melalui gerakan kampanye pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (LUBER JURDIL), serta bebas dari manipulasi, intimidasi, atau pelanggaran lainnya.

“Mari kita komitmen secara bersama-sama dalam menjaga proses pemilu 2024, jangan sampai ada kecurangan atas dasar intervensi elit politik dan menggunakan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan yang nantinya berimplikasi terhadap masa depan demokrasi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Ari
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan