Sekretaris Dinkes Provinsi Jambi Membuka Pertemuan Pemantapan Implementasi E-Renggar

Reporter: Inro

Jambi, Selasa (13/12/2016) suaraindonesia-news.com – Sekretaris Dinkes Provinsi Jambi, Syofian membuka secara resmi pertemuan pemantapan implementasi E-Renggar Selasa(13/12) Grand Hotel. Turut mendampingi Kasubbag Program Dinkes Provinsi Jambi, Darwis Rambe dan Mahmud Fauzi Kasubbag Program Kemenkes RI.

Dikatakan Syofian, perencanaan pembangunan kesehatan bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan pembangunan Nasional (SPPN).

“Sistem tersebut merupakan satu kesatuan tata cara perencanaan jangka panjang, menengah, pendek serta tahunan dilaksanakan unsur penyelenggara pemerintah,”ujarnya.

Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan dan penganggaran.

“Namun hingga saat ini proses penyusunan belum sepenuhnya dapat terlaksana sesuai dengan harapan,”terangnya.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para perencana setiap tahunnya kurang sinkronisasi dan koordinasi antar unit serta waktu.

“Maka dibentuk atau dibuat adanya suatu aplikasi bernama e-renggar, e-renggar ini dilaksanakan oleh kemenkes yang bisa mengetahui dan memahami siklus jadwal penyusunan serta kegiatan umum perencanaan APBN dan DAK,”tegasnya.

E-renggar ini merupakan aplikasi yang mempermudah kerja dari petugas pelaksana perencana, penganggaran dan monitoring evaluasi.

Manfaat dari E-renggar ini, pertama, mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik, kedua, meminimalkan dokumen berbasis kertas, ketiga, meningkatkan efisiensi waktu bekerja, keempat, menimalkan biaya, kelima, memudahkan dalam proses pengarsipan, keenam, mendukung program pemerintah untuk go green.

Untuk itu para peserta diharapkan dalam e-renggar ini, program dan kegiatan yang diusulkan diurut berdasarkan prioritas nasional, daerah dan spesifik lokal, sinergi antara sistem perencanaan dan anggaran kemenkes dengan Bappenas dan Kemenkeu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here