Sekjen Cipta Karya Kementrian PU-PERA Buka Acara Penanaman Pohon Serentak Di Ternate

Penanaman Pohon Serentak

Reporter: Ipul

Ternate, Kamis (1/12/2016) suaraindonesia-news.com – Sebagai komitmen kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) dalam mensukseskan revitalisasi gerakan nasional kemitraan penyelamatan air (GN-KPA), kementrian PUPR bekerja sama dengan kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengelar penanaman pohon secara serentak di 34 Provinsi di Indonesia.

Di Provinsi Maluku Utara gerakan menanan pohon yang mengangkat tema”Penyelamatan Hutan,Tanah dan Air” itu dipusatkan dikota ternate tepatnya dikawasan reklamasi pantai toboko.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono atau yang diwakilkan oleh sekretaris direktur jenderal  Cipta Karya PUPR Ir Rina Agustin Indriyanti.

“Gerakan penanaman pohon merupakan salah satu aksi kongrit dan upaya nyata untuk memulikan kondisi daerah aliran sungai sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih menanam pohon dan merawatnya,” kata Rina, Rabu (30/11/2016).

Dia menambahkan bahwa aksi penanaman pohon serentak itu merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Bakti PU ke 71 pada 3 Desember mendatang serta mendukung hari penanaman pohon yang jatuh pada 28 November lalu.

“Tahun ini jumlah pohon yang ditanam oleh kementrian PUPR adalah sebanyak 31,202 pohon dan hingga bulan oktober 2016 telah ditanam sebanyak 160.195 dan pada november desember akan ditanam sebanyak 201.007 pohon,” jelasnya.

Ketua panitia kegiatan Ir Dave H Muchaemin,M Eng,Sc mengatakan BWS maluku utara telah melakukan penanaman 2000 pohon yang tersebar di beberapa daerah di maluku utara, dave juga mengatakan beberapa pemerintah daerah telah melakukan penanaman pohon yaitu kab, Halsel 25.000 pohon dan Kota tidore kepulauan 1000 pohon.

Sementara walikota Ternate Burhan Abdurahman yang diwakili Sekertaris Kota Ternate M. Tauhid Soleman menyampaikan terima kasih kepada kementrian PU dan Perumahan Rakyat yang menetapkan kota Ternate sebagai lokasi penanaman pohon dalam rangka GN-KPA secara serentak diseluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari Kabupaten/kota se Provinsi maluku utara, Polda Malut dan Korem 152 Babullah, hadir juga perwakilan dari perguruaan tinggi di Malut serta masyarakat setempat, acara kemudian ditutup dengan pemotongan kue ulang tahun hari bakti PU ke 71 oleh Sekjen Cipta Karya Ir Rina Agustin Indriyani dari kementrian PUPR.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here