Sekda Yuliadi Setiawan : Vaksin Itu Penting Untuk Menangkal Virus Corona

oleh -65 views
GANDENG MEDIA. Untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19, di Kabupaten Sampang, Pemkab Sampang dan Satgas Covid-19, menggandeng semua elemen masyarakat Sampang, salah satunya media baik cetak, elektronik dan onlane. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Jumat (16/7/2021) suaraindonesia-news.com – Ledakan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Sampang, hingga masuk dalam zona hitam, membuat prihatin semua pihak. Untuk mensukseskan pelaksanaan program vaksinasi guna menangkal dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemkab Sampang menggandeng semua pihak termasuk media baik cetak, elektronik dan onlane, dalam rangka mensosialisasikan pada masyarakat pentingnya melakukan vaksinasi.

“Untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19, Pemkab Sampang menggandeng semua elemen masyarakat, termasuk media baik cetak, elektronik dan onlane. Karena, tanpa dukungan media kegiatan vaksinasi tidak akan berjalan dengan baik dan sukses,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan, didampingi Satgas Covid-19, saat press rilis terkait Covid-19, di aula besar Pemkab Sampang, Jumat (16/7/2021).

Dikatakannya, harus dibangun komitmen bersama dengan semua elemen masyarakat, terutama dengan media yang ada di Kabupaten Sampang. Karena, tanpa bantuan media dalam mensosialisasikan pada masyarakat, bahwa vaksin itu perlu dan penting untuk kekebalan tubuh guna menangkal bahaya virus Corona atau Covid-19, kegiatan vaksinasi tidak akan sukses.

“Terbukti, walaupun terus digenjot namun serapan vaksinasi di Kabupaten Sampang masih rendah. Salah satu penyebabnya, banyak berita bohong (hoax, red) yang tersebar di masyarakat. Sehingga, sampai saat ini cakupan vaksinasi masih dibawah 5 persen. Saat ini, pihaknya bersama dengan TNI-Polri terus berusaha mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Salah satunya, menggandeng media untuk membantu mensosialisasikan agar masyarakat memiliki kesadaran dan kemauan mengikuti progam vaksinasi Covid-19,” tandasnya.

Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, SIK, M.Si, menjelaskan, sesuai data yang ada hingga Kamis 15 Juli 2021, warga Sampang yang terpapar positif Covid-19, sebanyak 1599 orang. Lonjakan kasus virus Corona atau Covid-19, di Kabupaten Sampang awalnya pada tahun 2019 lalu, berasal dari Wuhan Cina. Saat ini virus yg berkembang di Sampag berasal dari ledakan dari kasus di Kabupaten Bangkalan, yaitu virus varian Delta.

Dikatannya, untuk membebaskan Kabupaten Sampang dari penyebaran virus Corona atau Covid-19, harus ada kesadaran dan kemauan bersama seluruh elemen masyarakat Sampang, mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksin Covid-19. Karena, fungsi vaksin menambah imun tubuh untuk menangkal virus Corona.

“Minta tolong pada media kerjasama yang baik, terkait pemberitaan jangan menyalahkan. Kalau mengkritik boleh tapi tidak menyalahkan. Mari kita bergandengan tangan bersama dalam hal penyelesaian kasus Covid-19 di Sampang. Sehingga, wilayah Kabupaten Sampang segera terlepas dan bebas dari masalah Covid-19,” pungkasnya.

Sementara Plt Dinkes Sampang Agus Mulyadi, juga mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19. Dikatakannya, saya tidak menginginkan kejadian seperti di India. Dimana, akibat tidak mematuhi protokol kesehatan dan program vaksin, banyak korban jiwa berjatuhan dan tidak tertangani.

“Mari bangun komitmen bersama untuk percepatan penyelesaian kasus Covid-19, di Sampang. Terutama, dengan bantuan media untuk mensosialisasikan pada masyarakat bahwa vaksin itu perlu dan penting. Terutama kesadaran teman-teman wartawan untuk melakukan vaksin. Karena jika tidak di vaksin resiko terpapar positif Covid-19, sangat tinggi dan beresiko tinggi,” ungkapnya.

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *