Sejumlah Website Milik Instansi Pemkab Aceh Utara Tak Bisa Diakses, Ada Apa???

oleh -589 views
M.Yunus Aktivis pegiat Sosial berdomisili di Aceh Utara.

ACEH UTARA, Jumat (30/10/2020) suaraindonesia-news.com – Website resmi milik sejumlah instansi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tidak bisa diakses, termasuk Website resmi milik bagian Humas sendiri juga sulit di akses, hingga menimbulkan berbagai spekulasi di beberapa kalangan masyarakat, apakah website telah diretas/hecker atau website nya tidak difungsikan.

Aktivis pegiat sosial Muhammad Yunus, kepada media ini mengungkapkan, ada beberapa website milik instansi Pemkab Aceh Utara sulit di akses seperti web Humas sendiri http://humas.acehutara.go.id, web Dinas Kesehatan http://dinkes.acehutara.go.id, PIPD http://ppid.acehutara.go.id, dan Disdik http://disdik.acehutara.go.id.

“Saya telah beberapa kali mencoba mengakses dalam beberapa hari ini untuk mendapatkan data dan informasi namun web nya tidak bisa dibuka,” terang M. Yunus.

Padahal kata dia, web resmi pemerintah sangat penting sebagai sumber informasi kepada masyarakat, serta transparansi kegiatan Pemerintah maupun SKPK, sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan infirmasi publik.

“Informasi yang merupakan kebutuhan paling utama bagi setiap orang, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,” tutur pria asal Jambo Aye ini.

Lanjutnya, yang lebih disesali juga terjadi pada website milik Humas Pemkab Aceh Utara, perlu diketahui juga tentang humas, sebagai komunikator publik, fungsi humas pemerintah harus mensosialisasikan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja lembaganya kepada masyarakat.

“Humas juga bertindak sebagai mediator yang proaktif sesuai amanat Permendagri nomor 13 tahun 2011, tentang pedoman pelaksanaan tugas kehumasan dilingkungan kementrian dan Pemerintah,” ujar M. Yunus.

Sementara Yulizar, M.Si selaku Kabag Humas PDE Kominfo saat dikonfirmasi media ini perhal website resmi milik humas yang tidak bisa diakses mengatakan karena mengalami gangguan server.

“Server crash karena sering mati lampu di ruang server,” kata Yulizar. Jumat (30/10).

“Jadi semua sistem tak bisa dibuka, karena seluruh website dikelola oleh Kominfo termasuk punya masyarakat, masalah utama nya karena lampu listrik sering padam,” tukas Yulizar.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *