Sejumlah Pedagang Pasar Gotong Royong Dan Pasar Baru Kota Probolinggo Divaksin

oleh -26 views
Foto : Salah seorang pedagang Pasar Gotong Royong saat di vaksin, Senin (8/3/2021).

PROBOLINGGO, Senin (8/3/2021) suaraindonesia-news.com – Sejumlah pedagang Pasar Gotong Royang dan Pasar Baru Kota Probolinggo Jawa Timur divaksin oleh Dinas Kesehatan setempat, Senin (8/3/21) pagi.

Namun, setelah mengetahui ada pelaksanaan vaksin bagi pedagang pasar, para pedagang yang jualan di Pasar Gotong Royong malah memilih tutup dan pulang. Sehingga target vaksin yang harusnya untuk 300 orang tidak bisa terpenuhi.

“Pagi tadi habis subuh, pedagang banyak yang buka jualan,namun setelah tau kalau hari ini ada pelaksanaan vaksin bagi pedagang Pasar Baru dan Pasar Gotong Royong, mereka memilih tutup dan pulang. Ada juga yang buka tapi orangnya tidak ada. Mereka ini takut, dikira di swab, kalau suntik vaksin mereka tidak takut. Hanya takut di swab,” ujar M Holik petugas Restribusi Pasar Gotong Royong.

Menurutnya, sebelumnya memang tidak ada sosialisasi kalau hari ini ada pelaksanaan vaksin untuk para pedagang.

“Kalau ada sosialisasi atau pengumuman takutnya pedagang gak ada yang buka/jualan,” sambung Holik.

Ia sebutkan, jumlah pedagang pasar gotong royong yang diatas jumlahnya 200 orang lebih. Sementara yang bawah tidak sampai 200 pedagang.

“Karena hari ini mereka tau ada pelaksanaan vaksin, hanya 1/4 nya atau sekitar 25 pedagang yang buka. Kalau yang bawah banyak yang buka dan datang untuk vaksin,” jelas Holik.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo, Fitriawati, mengatakan, pihaknya sebelumnya memang tidak ada sosialisasi secara sosialisasi pada para pedagang.

“Dengan tipikalnya pedagang di Probolinggo memang kami tidak langsung menyampaikan hari ini ada pelaksanaan vaksin. Kalau ada sosialisasi mereka malah gak mau datang dan tidak jualan, karena mereka takut,” terangnya.

Ia jelaskan, pelaksanaan vaksin hari ini dengan sistem dor to dor ke masing-msaing toko.

“Alhamdulillah dengan dor to dor ke masing-masing toko hari ini sudah ada 50 orang lebih yang mau di vaksin,” sebutnya.

“Targenya hari ini vaksin untuk 300 orang pedagang pasar baru dan pasar gotong royong. Karena hari ini tidak selesai banyak tidak datang, pelaksanaan dilanjut besok pagi,” pungkas Fitriawati.

Reporter : Singgih Widjanarko.
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *