Sebentar Lagi Vaksin Booster Jadi Prasyarat Mobilitas di Jember

oleh -269 views
Foto: Vaksinasi tahap ketiga atau Booster. (Ist/SI)

JEMBER, Senin (18/7/2022) suaraindonesia-news.com – Bagi yang belum melakukan vaksin booster, siap-siap tidak bisa masuk ke fasilitas umum seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, pabrik, fasilitas kesehatan, stasiun kereta, terminal angkutan umum di Kabupaten Jember.

Kepala Dinkes Jember, dr. Lilik Lailiyah menyampaikan, hal itu tertuang Salam Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 440/3971/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) kepada masyarakat yang tidak memperbolehkan masyarakat masuk ke fasilitas umum yang disebutkan apabila belum melakukan vaksin booster.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster.

“Kami minta masyarakat segera lakukan vaksin booster, kami sudah siapkan vaksinnya di seluruh puskesmas di Jember,” pintanya, Senin (18/7).

dr. Lilik juga mengingatkan bahwa Covid-19 belum selesai, sehingga selain melakukan vaksinasi booster, masyarakat juga diminta untuk disiplin protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

Sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut B. Pandjaitan menyampaikan bahwa pemberlakuan vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat baru akan diterapkan paling lama 25 Juli 2022 atau se-Minggu lagi.

Penerapan kebijakan baru tersebut dilatarbelakangi oleh capaian vaksinasi booster yang masih rendah.

Berdasarkan data Peduli Lindungi, dari rata-rata orang masuk mall perhari sebesar 1,9 juta orang, hanya 24,6 persen yang sudah booster. Di tengah peningkatan kasus yang terjadi, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, mengingat antibodi masyarakat akan semakin berkurang.

Luhut menambahkan, pemerintah juga telah meminta kepada TNI, Polri, serta Pemerintah Daerah untuk kembali mendorong kebijakan vaksinasi dan juga tracing.

Hal ini, dilakukan untuk mencegah kenaikan kasus secara meluas ke depannya sekaligus mempersiapkan langkah-langkah mitigasinya.

Terakhir, Menko Luhut mengingatkan bahwa peran serta masyarakat merupakan kunci utama dari penanganan pandemi di Tanah Air sampai hari ini.

“Untuk itu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap sampai booster untuk dapat segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah ada, demi kebaikan kita bersama dalam menghadapi pandemi dan pemulihan ekonomi yang masih berjalan saat ini,” pinta Luhut.

 

Reporter : Guntur Rahmatullah

Editor : Nurul Anam

Publisher : Miftahol Hendra Efendi

Tinggalkan Balasan