Sebanyak 60 Pasangan Sapi Betina Ikuti Kontes Sonok di Pantai Slopeng

oleh -49 views
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Sumenep, Sufiyanto

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Sebanyak 60 pasang sapi betina mengikuti kontes sapi sonok di Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (19/9/2015).

Kegiatan Festival tersebut, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) setempat.

“Ini bagian dari salah satu cara mengangkat potensi wisata dan menyelamatkan budaya lokal,” kata Sufiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Sumenep, saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, sapi sonok yang sedang berkembang dan banyak digemari oleh masyarakat bisa mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Sapi yang diikutkan dalam kontes sapi sonok akan mendorong pertumbuhan ekonomi, misalnya sebelum diikutkan harganya yang cuma kisaran Rp10 juta, tetapi ketika ikut kontes bisa naik menjadi Rp25 juta bahkan bisa lebih,” jelasnya.

Selain itu, dipilihnya Pantai Slopeng sebagai tempat di langsungkannya kontes ini dalam rangka berusaha mensinergikan dua bentuk kegiatan, yakni kegiatan wisata dan kegiatan budaya, sehingga masyarakat yang berkujung ke Slopeng tidak hanya melihat pantai.

Pagelaran kontes sapi sonok tersebut sudah menjadi agenda tahunan dan biasanya diikuti oleh pemilik sapi yang tersebar diseluruh kecamatan.

“Setiap kecamatan, rata-rata ada perwakilannya 7 pasang sapi,” terangnya.(Jr/Zaini).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *