Satu Suro Warga Kota Batu  Cuci Ratusan Pusaka

oleh -342 views

KOTA BATU, Suara Indonesia-News.Com – Puluhan warga Bumiaji dan sekitarnya, Rabu siang (14/10) melakukan ritual pencucian ratusan pusaka  pada peringatan satu suro atau tahun baru Jawa. Mereka menganggap bahwa budaya tahunan itu memiliki nilai tersendiri, sebagai kepercayaan dan adat jawa  merupakan  hari yang baik untuk melakukan pencucian pusaka, seperti tombak dan keris.

Masyarakat yang tergabung  dalam komunitas Jamasan  Tosan Aji itu sejak pagi hingga sore menggelar ritual pusaka di rumah Bandi warga desa Bumiaji kecamatan Bumiaji kota Batu.

IMG_20151014_160623Sebelum melakukan pencucian pusaka, pemilik lebih dulu melakukan pendaftaran  kepada panitia penyelenggara. dan Selanjutnya melakukan ritual penyerahan pusaka kepada pimpinan  ritual yang dianggap memiliki gelar adipati.

Bahan-bahan yang digunakan untuk mencuci pusaka itu cukup aneh, yakni diantaranya jeruk nipis , blimbing wuluh, buah kemudu dan kembang setaman yang biasa digunakan untuk kirim doa  untuk ditaburkan di Makam  Sebelum dilakukan ritual, Penyelenggara menunjuk seseorang untuk memimpin ritual dan doa bersama,

Abdul Hamid ketua Panitia penyelenggara Pencucian pusaka, mengatakan jika kegiatan ini adalah kegiatan murni peringatan suroan tahun baru jawa.

“Pencucian pusaka ini sudah berlangsung lama, dilakukansetiap tahun sekali  satu suro, Hal ini dimaksudkan untuk  melestarikan budaya leluhur kita. Siapa lagi kalau bukan kita yang memperingati,” Kata Abdul Hamid

Ia juga mengatakan, bahwa satu suro adalah  tanggal yang paling tepat  dan bagus untuk mencuci pusaka berdasarkan kepercayaan jawa.

Lantas Kata Hamid, masyarakat atau pemilik pusaka yang mencucikan itu  mencapai ratusan, bukan hanya dari warga Bumiaji saja, ataukota  Batu saja, tetapi juga ada dari luar kota, seperti magetan, Madiun hingga Magelang.

Ditanya soal biaya cuci pusaka, Hamid  menyebut soal biaya tidak jadi masalah, tidak dipungut biaya.

“Kami tidak menetapkan besarnya biaya, kalau memang ada yang seiklasnya, ada yang mau nyumbang ya silahkan” ungkapnya.(Adi Wiyono).

Tinggalkan Balasan