Satpol PP Jepara Tagih Pelanggan PDAM yang Nunggak

Petugas PDAM Bersama Sat Pol PP Saat Sedang Menagih

Jepara, Suara IndonesiaNews.ComTunggakan kepada pelanggan PDAM di jepara masih saja menumpuk kepada pelangganya. Satpol PP Jepara gencar akukan penagihan pada pelangganya yang nunggak diatas lima bulan. Hal ini, sebagai upaya penertiban, sekaligus sosialisasi kepada seluruh pelanggan lain, agar membayar tepat waktu.

Penagihan yang didampingi dua petugas Satpol PP selaku penegak peraturan daerah (perda) yakni, satu petugas kasir, satu petugas lapangan dan satu lagi penunjuk lapangan. Kemarin Pkl.09.00 Wib mendatangi sejumlah pelanggan di wilayah Desa Bulungan, Jepara.

Dua petugas Satpol PP langsung mendatanginya rumah mereka berdasarkan data nama serta alamat yang terdafatar direkening PDAM. Kedatanganya mereka meminta yang bersangkutan untuk membayar tunggakan tersebut atau sekaligus memberi peringatan jika penunggakan sudah lewat batas waktu.

Jika pelanggan belum bisa memastikan kapan akan dilunasi tunggakannya, maka petugas dari PDAM segera melakukan penyegelan pada meteran air. Segel baru akan dibuka kembali, jika sudah dibayar tunggakanya.

Informasi yang dihimpun oleh suara Indonesia news.com, penyikapan, agar para pelanggan bisa lebih tertib serta  diprioritaskan pada pelanggan yang sudah menunggak diatas 5 bulan di wilayah Kecamatan Kota Jepara dan sekitarnya.

”Khusus untuk wilayah Kota sendiri ada 2.500 pelanggan yang menunggak. Kami sudah melaksanakannya sejak lima hari lalu. Targetnya hingga akhir November mendatang. Semoga langkah ini, bisa mendorong para pelanggan lainya untuk tertib membayar,” tegasnya Direktur PDAM Prabowo kepada suara Indonesia-news.com.

Tak hanya penunggaka diatas 5 bulan serta di bawah 5 bulan juga mendapat perhatian, melalui program internal sendiri. Hingga saat ini sudah ada sekitar 200 pelanggan air yang telah ditagih Rata-rata melakukan pembayaran ditempat,tunggakannya di antara Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribuan. Nominal itu, relatif kecil untuk jangka waktu lima bulan. Para pelanggan beralasan karena malas atau tidak punya.

”Setiap harinya, kami upayakan 50 pelanggan menunggak dapat tertagih,” imbuhnya.

Prabowo Direktur PDAM menyampaikan, total pelanggan di wilayah Kota Jepara sebanyak 17.000. Sedangkan keseluruhan 34.500 pelanggan air PDAM yang mencakup Jepara Utara dan Jepara Selatan, wilayah Kota Jepara yang masih mendominasinya atas penunggakan air PDAM.

“Program unggulan yang kami terapkan tidak hanya untuk penagihan rumah kerumah, namun dengan cara ini para pelanggan air PDAM bisa tertib.Pprogram unggulan untuk pelanggan air PDAM setiaYakni, bagi pelanggan yang aktif membayar selama satu tahun tanpa ada alas an dalam penunggakan, maka Pihaknya akan member Door prize, mendapat satu unit sepeda motor, melalui undian setiap satu tahun sekali’, tutur Direktur PDAM Jepara Prabowo.  (pung).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here