Satlantas Polres Sukabumi, Pastikan Informasi di Medsos Hoax

oleh
Screnshot Video singkat Satlantas Polres Sukabumi memastikan bahwa informasi di media sosial (Medsos) tentang pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) kolektif adalah kabar bohong atau berita hoax.

SUKABUMI, Jumat (21/2/2020) suaraindonesia-news.com – Melalui video singkat Satlantas Polres Sukabumi memastikan bahwa informasi di media sosial (Medsos) tentang pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) kolektif adalah kabar bohong atau berita hoax. Jumat (21/2).

Mengenai berita postingan yang beredar dia media sosial, pembuatan SIM kolektif yang akan di adakan pada hari Minggu-Senin tgl 1-2 Maret 2020 bertempat di halaman samsat di seluruh Indonesia adalah itu postingan hoax.

“Saya pastikan lagi itu adalah berita hoax,” katanya.

Selain Klarifikasi, Iptu Arta Dwikusuma Kanit Regiden Satlantas Polres Sukabumi juga menghimbau kepada masyarakat pengguna medsos agar lebih bijak dalam berbagi informasi.

“Sebaiknya setiap informasi atau berita di chek terlebih dahulu sumber dan kebenaranya sebelum di bagikan, jangan samapai nanti anda yang menjadi rugi karena postingan anda sendiri,” ujarnya kepada suaraindonesia-news.com melalui pesan singkat.

Ia juga menyampaikan, Penyebar berita hoaks/ kabar bohong/ kabar yang tidak lengkap itu dapat dikenakan sanksi pidana sesuai pasal 14 dan 15 UU No. 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, syarat-syarat membuat SIM dibedakan sesuai dengan jenis SIM yang mau dimiliki. Jenis SIM yang dimaksud di sini adalah jenis SIM kendaraan bermotor perseorangan dan SIM kendaraan bermotor umum.

Syarat SIM perseorangan Keterangan Usia. Usia minimal 17 tahun buat SIM A SIM C, dan SIM D. Usia minimal 20 tahun buat SIM B1. Usia minimal 21 tahun buat SIM B2.

Sementara untuk syarat administratif KTP, Pengisian formulir permohonan, Rumusan sidik jari dilakukan di lokasi pengurusan SIM. Syarat kesehatan
Sehat jasmani dengan surat keterangan dokter. Sehat rohani dengan lulus tes psikologi dilakukan di lokasi. Syarat lulus ujian Lulus ujian teori. Lulus ujian praktik. Lulus ujian keterampilan lewat simulator.

Syarat tambahan membuat SIM B1 Harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya selama 12 bulan. Syarat tambahan membuat SIM B2 Harus memiliki SIM B1 sekurang-kurangnya selama 12 bulan.

Sementara untuk biaya pembuatan SIM. Besaran biaya pembuatan SIM telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Seberapa besar biaya pembuatan SIM menurut PP tersebut? Berikut ini daftarnya:

Jenis SIM Biaya Pembuatan
SIM A Rp 120.000
SIM B1 Rp 120.000
SIM B2 Rp 120.000
SIM C Rp 100.000
SIM C1 Rp 100.000
SIM C2 Rp 100.000
SIM D Rp 50.000
SIM D1 Rp 50.000
SIM Internasional Rp 250.000

Reporter : A.S/uchok khan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *