Satgas Yonif Raider 509 Bantu Ibu Melahirkan, Persalinan Berlangsung di Dalam Ambulance

 Siaran Pers

Bidan desa menggendong bayi dari ibu Eti. (Foto : Pasi Pers Yonif Raider 509 Kostrad)

KEEROM PAPUA, Jumat (30/8/2019) suaraindonesia-news.com – Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia – Papua New Guinea (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Raider 509 Kostrad berhasil membantu persalinan Ibu Eti, warga Desa Wonorejo Pir 4 Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Berawal dari kondisi Ibu Eti yang telah mengalami kontraksi, keluarga membawanya ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan ambulance milik puskesmas desa, Rabu (28/8).

Jarak dari desa ke rumah sakit yang jauh, membuat kondisi ibu Eti lemah, ambulance pun berbelok dan masuk ke Pos Kout Arso Tami milik Yonif Raider 509 Kostrad.

Mengetahui kedatangan ambulance tersebut, Prajurit Yonif Raider 509, Praka Feby dan Prada Goffar yang sedang berjaga langsung membantu mengevakuasi ke dalam pos supaya mendapatkan pertolongan pertama dari dokter satgas.

Usai mendapatkan pertolongan pertama, ibu Eti pun kembali dan melanjutkan perjalanan ke rumah sakit dengan didampingi dokter satgas dan bidan desa di dalam ambulance.

Dikarenakan jalan yang rusak, kondisi ibu Eti semakin melemah. Dokter satgas Yonif Raider 509 Letda Ckm Abraham Valent pun tanpa pikir panjang melakukan proses persalinan dengan dibantu bidan desa. Alhasil, ibu Eti pun berhasil melahirkan bayinya dengan selamat di dalam ambulance tersebut.

“Ini pengalaman yang tak akan terlupakan, putri kami melahirkan di dalam ambulance dan ditolong oleh bapak TNI,” tutur Rusminah, ibu dari Eti.

Rusmini berterima kasih atas bantuan prajurit Yonif Raider 509 sehingga proses persalinan berjalan lancar dan selamat baik ibu dan bayinya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here