Sat Lantas Polres Sampang Padamkan Kobaran Api yang Membakar Pohon Bambu Dekat Perumahan Warga

oleh -83 views
HEROIK. Aksi sosial kemanusiaan Sat Lantas Polres Sampang dengan sigap membantu warga memadamkan kobaran api yang membakar pohon bambu dekat permukiman warga. (ft/nor/SI)

SAMPANG, Sabtu (12/9/2020) suaraindonesia-news.com – Aksi sosial kemanusiaan yang dilakukan Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sampang, selama ini memang selalu menjadi perhatian dan simpati masyarakat. Seperti aksi heroik anggota Satlantas Polres Sampang, saat memadamkan kobaran api yang membakar pohon bambu di dekat perumahan warga di Jl. Manggis Kelurahan Gunung Sekar Sampang, Madura Jawa Timur, Sabtu (12/9/2020).

Informasi yang diterima suaraindonesia-news.com, bermula dari informasi dari warga yang diterima anggota Sat Lantas Polres Sampang Aiptu Akson, bahwa telah terjadi kebakaran pohon bambu di Jl. Manggis dekat dengan perumahan warga. Mendengar informasi tersebut, secara sepontan dan sigap anggota Turjawali Sat Lantas yang lagi bertugas langsung terjun ke lokasi untuk memadakan kobaran api.

“Ada 7 anggota Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Tujawali) Sat Lantas Polres Sampang yang saya gerakkan terjun ke lokasi untuk membantu warga setempat memadamkan kobaran api yang cukup besar akibat terbakarnya pohon bambu di dekat perumahan warga,” terang Aiptu Akson.

Dijelaskannya, awalnya petugas Sat Lantas yang terjun ke lokasi dengan dibantu warga setempat memadamkan kobaran api menggunakan alat seadanya milik warga setempat. Namun, tak lama kemudian datang bantuan mobil tangki dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang, membantu memadamkan kobaran api yang cukup besar.

“Alhamdulillah setelah ada bantuan satu mobil tangki air dari Dinas Kebersihan dan Perramanan (DKP) yang diterjunkan ke lokasi, kobaran api dapat diatasi dan dipadamkan. Sehingga, kobaran api yang diakibatkan terbakarnya pohon bambu tidak sampai membakar rumah warga,” pungkasnya.

Informasi dari warga setempat, terbakarnya pohon bambu tersebut akibat cuaca ekstrim yang cukup panas akibat musim kemarau. Sehingga, sedikit ada percikan api langsung terbakar dan membesar.

“Selama musim kemarau ini cuaca panas, yang mengakibatkan banyak pohon dan daun bambu kering berjatuhan dan menumpuk disekitar batang pohon bambu. Sehingga sangat rawan terjadinya kebakaran,” terang seorang warga setempat yang enggan menyebutkan namanya.

Sekedar diketahui, banyak aksi sosial kemanusiaan yang dilakukan Sat Lantas Polres Sampang, diantaranya kegiatan sosial rutin bersih-bersih rumah Allah masjid. Juga kegiatan sosial secara sepontan dilapangan, membantu orang tua dan anak-anak sekolah menyeberang jalan dan membantu pengendara roda dua dan empat yang kendaraannya mogok atau rusak di jalan. Serta membantu roda empat yang mengalami ban pecah dan as mobilnya patah.

Reporter : Nora/war
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *