Sasar Dusun Terdampak Kekeringan, FRPB Pamekasan Salurkan 16 Ribu Air Bersih

oleh -19 views
FRPB Pamekasan saat membagikan air bersih kepada daerah terdampak kekeringan.

PAMEKASAN, Rabu (09/09/2020) suaraindonesia-news.com – Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) kabupaten Pamekasan salurkan bantuan air bersih terhadap warga terdampak kekeringan.

Dalam kegiatan tersebut, FRPB menyiapkan sebanyak 16000 liter air bersih yang disalurkannya terhadap 2 dusun di daerah selatan, yakni di kecamatan Tlanakan, kabupaten Pamekasan.

“Ini aksi awal kita tahun ini, di dusun Tengah, Larangan Tokol dan dusun Sorok, Pagagan Kecamatan Tlanakan yang memang kering kritis,” terang Budi Cahyono, Ketua Tim FRPB Peduli.

Pada aksi tersebut, FRPB sengaja menyalurkan 16000 liter air bersih. Pasalnya, menurut Budi, kebutuhan warga terhadap air bersih di dusun tersebut cukup besar.

Karena itu, Tim FRPB menyiapkan 2 truk tangki besar berkapasitas 8000 liter untuk membantu dusun yang terdampak bencana kering kritis tersebut.

Kering kritis merupakan termasuk bencana kekeringan yang paling parah. Jarak antara pemukiman penduduk dengan sumber air berada dalam radius lebih dari 10 km.

“Jika merujuk tahun sebelumnya, biasanya warga sudah berkerumun menunggu bantuan air bersih. Setiap dusun nantinya akan mendapatkan 8000 liter air,” lanjut Budi Cahyono.

Aksi FRPB Peduli ini dilakukan secara swadaya dari donasi relawan dan donatur. Hal ini akan berlanjut hingga masa darurat kekeringan berakhir. Diprediksi hingga akhir Oktober mendatang.

Reporter : My
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *