Sarana Jalan Mulus, Di kota Batu Siap Sambut Wisatawan

oleh -99 views
Alfi Nurhidayat, DPU PR kota Batu.

KOTA BATU, Kamis (19/11/2020) suaraindonesia-news.com – Menjelang libur panjang, natal 2020 dan tahun baru 2021, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu memastikan sarana jalan menuju tempat wisata di kota Batu dan jalur-jalur alternatif akan mulus atau bagus, lantaran bagian pembangunan jalan bidang bina marga menyebut pengerjaannya tinggal menyisakan 5 persen.

Alfi Nurhidayat, Kepala DPUPR Kota Batu Saat ditemui di kantornya, Kamis (19/11/2020) siang mengatakan pembangunan jalan dan pemeliharaan jalan tahun 2020 sekarang ini telah rampung 95 persen, sementara sisa 5 persen pihaknya akan melakukan operasi jalan berlubang.

“Dari bagian pembangunan jalan bidang bina marga mulai hari ini akan melakukan pendataan jalan berlubang di beberapa jalur alternatif dan menuju obyek wisata atau yang disebut operasi jalan berlubang,” kata Alfi.

Setelah dilakukan pendataan, pihaknya, kata dia akan langsung melakukan eksekusi pengerjaan dengan pengaspalan hingga jalan-jalan di kota Batu mulus. Hal tersebut dilakukannya guna memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi warga yang berkunjung ke Kota Batu.

Dijelaskan, sebagian jalan berlubang seperti di kawasan Junrejo menuju Obyek Wisata Predator Fun Park akan segera dilakukan perbaikan, diperkirakan pengerjaannya telah selesai sebelum natal dan tahu Baru 2021.

“Menjelang tahun baru, beberapa ruas sudah sudah di hot mix. Prinsip kami, jika produktivitas naik, maka jalan wajib baik atau mulus. Jalan-jalan berlubang secara bertahap sudah dilaksanakan pemeliharaan rutin,’’ terangnya.

Diungkapkan, beberapa ruas jalan yang sudah dilakukan pemeliharaan antara lain jalan berlubang di sepanjang jalan Bendo hingga Jurang Susuh Desa Giripurno, Jalan Joko Bundo, Desa Sumbergondo sepanjang lebih kurang 273 meter, Jalan Minswarno, Jalan Petinggi Kelurahan Sisir, Jalan KH Agus Salim sepanjang 205 meter.

Ditambahkan, sebelumnya DPUPR juga telah melakukan pengaspalan di jalur jalur Paralayang-Brau, Desa Gunungsari. Jalur ini merupakan akses bagi wisatawan yang ingin berwisata menuju beberapa kawasan wisata di Paralayang, Goa Pandawa, Goa Pinus, dan Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Dusun Brau.

Pengaspalan jalur sepanjang dua kilometer itu dilakukan secara bertahap. Anggaran tersebut dari Perubahan Alokasi Keuangan tahun 2020 dan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Ada beberapa jalan tembus selain Paralayang-Brau yang akan dilebarkan jalannya pada tahun 2021 mendatang,” tambah pria yang juga Ketua Asosiasi Virtual Game Indonesia (AVGI) Kota Batu.

Beberapa jalan yang akan digarap tahun mendatang yakni, jalan tembus Sisir-Pandanrejo, pelebaran Jalan Ir. Soekarno milik provinsi, pembangunan jalan tembus Pendem-Dadaprejo, jalan tembus Toyomerto-Abdul Gani Atas, dan perubahan status jalan kota menjadi jalan provinsi di Giripurno-Pandanrejo.

Sementara untuk areal sekitar Polsek Junrejo, Kantor KPU dan Predator Fun Park tahun 2020, lanjut Alfi, hanya dilakukan penambalan, sedang tahun 2021 akan dibangun draenase, karena kawasan tersebut sering terjadi banjir ketika terjadi hujan deras, Airnya tidak menampunng.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *