Sangga Al-Amin Tegal Putra dan SMAN Ambunten Putri Akan Wakili Sumenep Ke GP Jatim 2014

oleh -14 views

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Setelah melewati seleksi dan penjaringan yang ketat, sangga Gugus Depan Pramuka Penengak Putra Al-Amin Prenduan dan sangga Gugus Depan Pramuka Penegak putri SMA Ambunten berhasil maju sebagai Juara I peserta Giat Prestasi Cabang Sumenep 2014 dan akan mewakili Kwarcab Pramuka Sumenep ke ajang Giat Prestasi Daerah Jawa Tuimur pada tanggal 20-23 Nopember 2014 yang akan di gelar di Paiton Probolinggo.

Kegiatan Giat Prestasi (GP) Cabang Sumenep yang digelar sejak tanggal 7-9 Nopember ini juga bersamaan dengan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) di bumi Perkemahan Lapangan Sepak Bola desa Paberasan Kecamatan Kota.

Sebelumnya, Bupati Sumenep, KH.A. Busyro Karim, M.Si pada pembukaan kegiatan GP dan Dians Pinsat tersebut, Jum’at sore (07/11) menegaskan melalui kegiatan Pramuka diharapkan mampu membentuk karakter kaum muda yang beriman, sehat, terampil, peduli dan memiliki jiwa wiraswasta sesuai dengan visi misi Gerakan Pramuka.

“hal tersebut sesuai dengan apa yang telah dilakukan melalui Revitalisasi Gerakan Pramuka yang sudah berjalan dalam beberapa tahun ini.”ungkapnya.

Disamping itu beberapa prinsip yang dipegang Gerakan pramuka, dalam mengembalikan jati diri dalam memperkuat organisasi, meningkatkan ilmu pengetahun dan tehnologi, organisasi, pembinaan kaum muda serta pembentukan karakter yang bertanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan dunia yang lebih baik.

Disamping itu juga untuk mewujudkan masyarakat yang investasi sumberdaya manusia, kader pramuka sejahtera serta menapak kader parmuka dalam meniti emas sejarah di negeri ini dalam melakukan perubahan dieranya.

Bahkan kepda para Pembina Pramuka, Ketua Majelis Pembimbingan Gerakan Pramuka Kwarcab Sumenep ini juga berharap agar senantisa terus memberikan dorongan moril  dan semangat bagi generasi muda khususnya Pramuak Penegakd an Pandega agar betul-betul memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk bekal dikemudian hari.

“dengan tema 50 tahun Gerakan Pramuka semakin memantapan pembentukam karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi, Giat Prestasi bisa berjalan sukes dan bisa membawa nama harus Sumenep di tingkat Jawa Timur.”tandasnya.

Sementara Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Sumenep, Madrani, S.Pd mengungkapkan, melalui kegiatan Giat Prestasi tahun ini diharapkan dapat memberikan ruang kreatifitas dan pengetahuan yang dimiliki para anggota Pramuka di Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah-sekolah, khususnya tingkat menengah atas dan sederajat yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Sebab, kegiatan giat prestasi ini merupakan kegiatan berjenjang hingga ke tingkat nasional, yang bersifat lomba dari kecakapan, ketangkasan dan pengetahuan anggota Pramuka Penegak,”ungkapnya.

Dijelaskan, dari berbagai kegiatan yang dilombakan dalam kegiatan tersebut, seperti halnya smartphone, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), miniatur jembatan, scout gear (daur ulang), scout chef (memasak), reportasi (media cetak), pentas seni, paduan suara, dan beberapa kegiatan lomba lainnya.

Disamping itu banyak kegiatan kepramukaan yang dilakanakan dalam giat prestasi kali ini, seperti halnya yang dikemas dengan istilah flash MOP, dimana para peserta akan selalu dipantau kekompakannya dan tepat waktu dalam setiap kegiatan yang diikuti masing-masing sangga. Dalam kegiatan tersebut juga dilaskanakan Gladian Pimpinan Satua yang pesertanya dar Pramuka Penegak Pandega Sumenep.(ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *