Sampang Punya Wisata Alam Tani Kampung Panjalin

oleh -378 views
Foto : Wisata Alam Tani Kampung Panjelin di Desa Sokobenah Daya, Kecamatan Sokobenah Kabupaten Sampang, yang pertama dan satu-satunya di Madura. Sangat indah, menarik dan asri. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Jumat (4/6/2021) suaraindonesia-news.com – Ini menarik. Ternyata di Kabupaten Sampang tepatnya di Desa Sokobenah Daya, Kecamatan Sokobenah, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ada tempat Wisata Alam Tani Kampung Panjelin. Lokasi wisata alam tani cukup bagus dan indah karena berada didataran tinggi pegunungan. Sehinga, ke indahan alam persawahan dan hutan tampak jelas terlihat.

Informasi yang diperoleh suaraindonesia-news.com, dari H. Agus Widji, SP, MMA, selaku manajer pengelola wisata alam tani kampung panjelin menjelaskan, wisata tani kampung panjelin dibangun 2 Juni 2020, yang dikelola oleh para pemuda milineal Desa dan dibina oleh kelompok tani Bangunsari, Desa Sokobenah Daya yang diketuai oleh Mulyadi.

Fasilitas wisata alam tani kampung panjelin, tidak hanya menampilkan pemandangan alam pegunungan yang indah dan asri, tapi juga mengenalkan seputar pertanian seperti mesin pencacah jerami untuk pakan dan coper untuk membuat pupuk organik. Pembuatan pupuk organik atau bokasi dari limbah kotoran ternak dan sisa makanan untuk mengolah sawah dan perbaikan unsur hara tanah.

Wisata Alam tani kampung panjelin juga di lengkapi, kandang sapi moderen yang mengelola ternak sapi Madura, 50 ekor sapi hanya di rawat oleh 3 orang pekerja. Pembuatan pakan ternak permentasi dari limbah pertanian (jerami dan pohon jagung serta rumput gajah, red) yang di permentasi, sehingga bisa awet sampai 6 bulan tanpa tiap hari cari pakan ternak.

Memberikan contoh untuk menanam sayuran organik dan horticultura buah melon, semangka maupun tanaman padi jagung, kacang tanah dan kacang panjang. Juga buah-buahan lainnya, yang bermanfaat dan bisa dikembangkan dilahan pekarangan masyarakat. Sehingga, bisa menambah penghasilan rumah tangga jika dikelola dengan baik.

Tidak hanya itu lanjut Widji, tempat wisata pegunungan ini di lengkapi tempat istirahat gasebo, home stay (rumah istirahat), tempat pertemuan, dan kamar tamu yang khusus belajar. Ada tempat ibadah, toilet dan dapur masak. Juga disediakan kamar mandi dan thoilet umum.

“Rencananya kedepan tempat wisata panjalin ini dilengkapi mainan anak-anak, kolam renang, dan tempat parkir. Juga menyediakan kuliner lokal khas Sampsng Madura dan nasional masakan kuliner Indonesia,” Imbuhnya.

Terakhir Widji menjelaskan, tempat wisata tani kampung Panjalin termasuk wisata edukasi atau tempat belajar masyarakat petani, peternak, peternak ikan, petani buah dan petani sayur mayur. Wisata tani ini satu satunya tempat wisata di Madura, yang disiapkan untuk belajar para petani masyarakat Madura. Bahkan kedepannya, dipersiapkan untuk tempat wisata tani dari luar pulau Madura.

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *