Sambut PPDB Tahun Ajaran 2022/2023, Empat SMP Negeri Inovatif Jadi Percontohan di Kota Lubuklinggau

oleh -114 Dilihat
Tengah (Dua dari Kanan) Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Lubuklinggau, Anita S. Pd, M. Pd saat diwawancarai di ruang kerjanya. Rabu (22/06/2022).

LUBUKLINGGAU, Rabu (22/06/2022) suaraindonesia-news.com – Empat Sekolah Menengah Pertam Negeri (SMPN) di Kota Lubuklinggau mulai tahun ini, membuka PPDB melalui jalur inovatif, ke empat SMPN itu diantaranya, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 7 Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Jalur inovatif dibagi menjadi tiga jalur, pertama jalur Apirmasi, jalur zonasi dan jalur Tes Potensi Akademik (TPA), apa bila anak yang gagal dalam penjaringan melalui jalur zonasi maka dengan itu pihak sekolah memberikan kesempatan bagi calon siswa/i yang masih berminat ke sekolah yang tujuh bisa mengikuti jalur Tes Potensi Akademik.

Calon peserta didik yang akan mengikuti tes potensi akademik ( TPA ) mulai tanggal 21-24 Juni 2022, mendatang.

Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Lubuklinggau, Anita S. Pd, M. Pd mengatakan, untuk penerimaan siswa/i melalui jalur Zonasi sudah tutup, saat ini pelaksanaan penerimaan calon peserta didik melalui jalur Potensi Akademik.

“Kita utamakan yang diterima melalui jalur Zonasi merupakan calon peserta didik yang tempat tinggalnya terdekat dari Sekolah, perlu diketahui masyarakat luas, penerimaan siswa/ i jalur Zonasi ini kita sesuaikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan untuk ukuran jarak tempat tinggal siswa/ i yang paling dekat dengan sekolah,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Lubuklinggau, saat di wawancarai. Rabu (22/06/2022).

Untuk itu kata dia, ada beberapa SMP Negeri di Kota Lubuklinggau yang dikatakan masuk dalam Sekolah Menengah Negeri Inovatif, diantaranya SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 7.

“Mengapa di katakan Sekolah Menengah Negeri Inovatif, karena Selver dan Web penerimaan siswa/ i melalui online yang langsung terhubung ke Dinas, oleh karena itu Siswa/i yang masuk dalam daftar harus sesuai data dan Fakta tempat tinggalnya,” ungkap Anita.

Ditambahkannya, Dinas menunjuk beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Lubuklinggau sebagai sekolah inovatif, karena WEB dan Selver penerimaan siswa/i tahun ini, langsung menyatu dengan WEB Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, oleh karena itu data yang disampaikan calon peserta didik merupakan data yang benar-benar sesuai dengan faktanya.

“Dan untuk calon peserta didik yang tidak lolos seleksi Zonasi berkesempatan mengikuti lagi melalui jalur Tes Akademik,” jelasnya.

Hal yang sama disampaikan kepala SMP Negeri 3, Endang Budiman, S.Pd, M.Pd melalui Waka Kurikulum Mardianto, S.Pd mengatakan pihak SMP Negeri 3 Kota Lubuklinggau masih membuka kesempatan bagi calon siswa/i yang ingin mendaftar anaknya ke SMP Negeri 3 dapat mendaftar secara online mengikuti Jalur Tes akademik yang akan di laksanakan mulai tanggal 21 sampai 23 Juni mendatang.

Reporter : Herlyansyah
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

Tinggalkan Balasan