Sambut Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Ke 43, DLHP Papua Barat Gelar Lomba Pungut Sampah

Lomba Pungut Sampah

Reporter: Nehemia

MANOKWARI, Kamis (1/6/2017) suaraindonesia-news.com – Dalam menyongsong hari Lingkungan Hidup Sedunia ke 43 tepatnya tanggal, 05 Juni 2017, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Papua Barat mengajak masyarakat berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan di adakannya lomba Pungut Sampah yang berlangsung di lingkungan perkantoran Provinsi Papua Barat, Kamis, (1/6/2017) mulai pukul 09.00 S/d 13.00 WIT.

Adapun jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan perlombaan tersebut berjumlah 130 Peserta baik kelompok maupun perorangan, masing – masing peserta berasal dari berbagai golongan baik dari Pelajar dan masyarakat umum.

Kepala Dinas lingkungan hidup dan pertanahan provinsi Papua Barat, Drs. Rudolf Edward Rumbino, menyampaikan bahwa kegiatan ini baru pertama kali di lakukan di lingkungan Provinsi Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari.

“Saya berharap dengan Gubernur yang baru terpilih ini dapat bersama- sama mengajak peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan Lingkungan dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan masing-masing,” kata  Rudolf Edward Rumbino.

Menurutnya, nantinya bertepatan dengan Apel bersama dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke 43 yang jatuh pada Senin, 05 Juni 2017 tetapi mengingat di Papua masih libur karena hari Pentakosta ke dua maka di alihkan di hari Selasa, 06 Juni 2017 Gubernur Provinsi Papua Barat akan mencanangkan Lingkungan perkantoran Provinsi Papua Barat sebagai Daerah bebas sampah.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Perlombaan Ir. Yolanda Nahumury, M.Si yang juga sebagai Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Penguatan Kapasitas di Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan mengatakan, bahwa tema tahun ini dalam memperingati hari lingkungan hidup adalah “People back to Nature” atau kalau di terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yaitu Bagaimana Manusia mendekatkan diri kepada Alam.

“Momentum ini menjadi refleksi bagi Kita sekalian bagaimana dampak Lingkungan kalau tidak di jaga bersama-sama, nah dengan demikian harapan Kami melalui perlombaan tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan mengajak Masyarakat Peduli terhadap Lingkungan.,” tutur Yolanda.

Lomba Pungut Sampah ini dibagi 2 Kategori, yaitu Anak dan Dewasa, sementara dalam penilaiannya berdasarkan jumlah banyaknya Sampah dan pengelompokan sampah Organik dan Non Organik.

“Untuk pemenang akan di ambil masing-masing 4 Peserta,” ujar Yolanda.

Selain itu kata Yolanda, melalui Anggaran APBD tahun 2018, Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan nantinya juga akan menyiapkan Bak Sampah di Wilayah Perkantoran Provinsi Papua Barat.

Untuk itu, ia berharap, seluruh Pegawai dapat membuang sampah pada tempatnya.

Sementara salah satu Juri dari Aktifis Lingkungan Hidup Kakak Maikel H.R. Kondologit, A.md.Pi mengatakan bahwa sebelum diadakan lomba ini Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan Sosialisasi kepada Guru-guru dan ke sekolah – sekolah ini agar ini juga menjadi bagian dari edukasi Lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here