Salahi Ijin, Satpol PP Bongkar Bangunan Hotel

Pembokaran bangunan Hotel oleh Satpol PP

KOTA BATU, Suara Indonesia-News.Com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Batu, Rabu siang (30/9) menghentikan proses pembangunan Hotel di jalan Diponegoro Batu, karena dalam pengerjaannya itu  tidak sesuai dengan gambar desain bangunan seperti yang tertera pada Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sudah dikantongi. Selain itu sebagian bangunan hotel juga  menjorok mendekati sempadan jalan.

“Mestinya batas bangunan harus berjarak kurang lebih 17,5 meter dari sempadan jalan,tapi fakta dilapangan berbeda, bangunan hotel ini hanya berjarak kurang lebih 1,5 meter saja dari sempadan jalan” kata Robiq Yunianto, Ka Satpol PP Kota Batu.

Lanjutdia, sesuai dengan Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) wilayah Kecamatan Batuitu adalah melanggar aturan .  “Sebenarnya ijin-ijinnya sudah lengkap, tapi karena kealpaan pemilik hotel ini, bangunan yang ada tidak sesuai dengan gambar yang diajukan dalam perijinan, itu telah melanggar Perda,” tegasnya

Robiq juga menyebut, berdasarkan rekomendasi dari BPM dan beberapa instansi terkait dalam rapat terpadu,  bahwa demi penegakan Perda perlu memberikan sanksi dengan membongkar bangunan 3 lantai yang tidak sesuai itu .

Untuk penegakan Perda ini, kata dia, pemkot Batu melakukan menekankan tindakan persuasif, dengan melakukan pembongkaran sebagian,  hal itu dimaksudkan agar oleh pemilik hotel.

Apple Green Guest House mempunyai etikat baik untuk melanjutkan pembongkaran sesuai dengan ijin yang dikantonginya “Tapi rupanya punya etikat baik, kita tinggal mengawasi saja,” ujar Robiq.

Choirul Firmansyah, kepala proyek pembangunan mengakui ada kelalaian yang dilakukannya.selanjutnya gambar akan disesuaikan dengan ijinnya dan pihaknya bersedia  membongkar bangunan.

“Kita belum kalkulasi berapa kerugian kita dengan merobohkan bangunan 3 lantai ini, tapi kita sadar hal itu konsekwensi dari kesalahan yang kita lakukan,” sesalnya. (adi Wiyono).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here