Rutin Berikan Beasiswa, Bupati Jember Dapat Penghargaan

Bupati Faida menerima penghargaan dari Universitas Terbuka Jember. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Kamis (25/10/2018) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember dr Faida menerima penghargaan dari Universitas Terbuka (UT) Jember. Penghargaan ini diberikan kepada Faida atas kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Saya mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan UT meskipun sebetulnya itu memang tugas Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan jaminan pendidikan kepada mahasiswa yang berasal dari Jember,” kata Faida usai menerima penghargaan dari UT, Kamis (25/10/2018).

Ia mengatakan banyak anak muda Jember yang melanjutkan pendidikan tingginya ke UT. Tahun ini, sebanyak 826 mahasiswa UT mendapat beasiswa pendidikan yang bersumber dari APBD Pemkab Jember.

“Jumlah itu 12,1 persen dari total beasiswa yang diberikan,” katanya.

Faida mengatakan program beasiswa yang diberikan Pemkab Jember ini berkesinambungan. Selain mendapat beasiswa, para mahasiswa juga diminta menjadi volunteer (relawan) yang bertugas memverifikasi dhuafa dan anak yatim yang layak menerima bantuan sosial (bansos).

“Jika mereka tidak melakukan itu, maka keikutsertaannnya di periode berikutnya akan dievaluasi atau bisa jadi tidak diperpanjang,” ucap Faida.

Hal ini kata Faida, dilakukan untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan kepada masyarakat kurang mampu. Selain itu, para penerima beasiswa juga diwajibkan melaporkan hasil studi sebagai bahan evaluasi ke jenjang berikutnya.

“Kita tidak hanya memberi, tapi kita juga ingin menumbuhkan rasa kemanusiaan para pemuda-pemuda ini terhadap masyarakat kurang beruntung lain,” ucapnya.

Penyerahan penghargaan kepada Faida dilakukan di Gedung Juang milik Politeknik Negeri Jember (Polije) dan bersamaan dengan agenda wisuda sarjana UT. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (KUPBJJ) Mohammad Imam Farisi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher :Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here