RSUD Kota Bogor Ciptakan Green Hospital, Gandeng GTP

oleh -58 views
Foto: Inisiator GTP Heri Cahyono (kanan) saat menyerahkan pohon kepada Direktur RSUD Kota Bogor dr Dewi Basmalah (tengah) didampingi Ketua GTP Hari Priyadi (kiri)

BOGOR, (24 September 2017) Suaraindonesia-news.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor ciptakan Green Hospital dan mendukung penuh program peduli lingkungan.

Hal ini di implementasikan dengan menanam pohon dilingkungan RSUD Kota Bogor di Jl. DR. Sumeru No.110, Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat dengan menggandeng Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) Minggu (24/9).

Terlihat Direktur RSUD Kota Bogor dr Dewi Basmalah dan sejumlah tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit berbaur dengan penggiat GTP bersama sama menanam pohon dilingkungan RSUD.

Direktur RSUD Kota Bogor dr Dewi Basmalah menegaskan, program penanaman pohon di rumah sakit ini tidak lain untuk menciptakan green hospital. Salah satunya untuk mendukung program penghijauan lingkungan.

Baca Juga: Desak Yulius-Yunus Dilantik Jadi Bupati Intan Jaya, Masyarakat Bakar Rumah Dinas

Dalam program ini, yang menjadi pelaku untuk menanam adalah para tenaga kesehatan dari yang ada di rumah sakit dan didukung oleh penggiat GTP.

“Dilibatkannya tenaga kesehatan, karena upaya mereka ada rasa memiliki di tempat sekeliling tempat kerja mereka di samping untuk memperindah rumah sakit itu sendiri,” tegas dr. Dewi Basmalah.

Tujuan lainya, terang dr Dewi Basmalah, dengan banyaknya tanaman dan diharapkan dapat memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung agar lebih senang datang ke rumah sakit.

Hanya saja kata dr Dewi, yang ditanam pada saat ini baru tempat tempat yang sudah tersedia, yang tidak mengganggu keluar masuknya mobil proyek pada saat pembangunan gedung.

Ditambahkan dr Dewi, berkaitan dengan existing,jika dibandingkan antara green hospital dengan green city pada saat ini baru 10%, tapi jika pembangunan nya sudah selesai diprediksikan 50%, karena memang sudah di setting ramah lingkungan imbuhnya.

Sementara salah satu inisiator GTP Heri Cahyono mengatakan, berkaitan dengan green hospital itu sangat dibutuhkan, karena sehat itu berawal dari pikiran yang sehat,maka jika lingkungan yang sehat ditopang dengan menanam pohon yang berbuah maka akan lebih sehat, oleh karena itu lingkungan RSUD Kota Bogor perlu ditanami pohon pohon yang berbuah agar lingkungannya terlihat asri dan nyaman.

Baca Juga: WFQR IV Koarmabar Amankan 50 TKI Ilegal Asal Malaysia

“Jika para pengunjung RSUD datang dan disambut dengan pohon pohon yang berbuah, paling tidak sebelum masuk pemikirannya sudah sehat, dan para pasien yang mau pulang juga disambut dengan pohon pohon, maka akan bertambah sehat,” ungkapnya.

Ketua GTP Hari Priyadi menuturkan, bahwa kegiatan menanam ke-151 oleh Komunitas GTP dilakukan di RSUD Kota Bogor bertujuan untuk mendukung RSUD Kota Bogor menjadi Green Hospital.

Menurutnya belum banyak Rumah Sakit yang mempunyai visi tersebut, tetapi Direktur RSUD Kota Bogor, dr Dewi Basmalah berkomitmen untuk menjadikan Rumah Sakit tersebut menjadi Green Hospital yang tentu saja ramah akan lingkungan. (Iran G Hasibuan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *