RRI: Persatuan Rakyat Bangun Partai Politik

oleh

Reporter: Hasan

Jakarta, suaraindonesia-news.com – Ormas Rumah Rakyat Indonesia (RRI) bersama Serikat Petani Indonesia (SPI), ORI, dan Partai Buruh/ SBSI menyelenggarakan diskusi di hotel Megapro Jakarta Pusat sebagai konsolidasi lanjutan terkait pembentukan Partai Politik Multisektor kemarin, Jum’at (10/06/2016).

Konsolidasi beberapa organisasi yang diselenggarakan adalah kelanjutan dari pembahasan mengenai pembangunan partai politik yang diinsiatifkan RRI yaitu Partai Politik yang berbasiskan organisasi-organisasi rakyat untuk memperjuangkan program-program kerakyatan yang tidak pernah diperjuangkan oleh partai-partai borjuasi.

Menurut Sekjend RRI Ilhamsyah  (Boing) yang juga merupakan pimpinan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) mengatakan, Pertemuan RRI, SPI, ORI dan Partai Buruh/SBSI adalah sebagai kelanjutan konsolidasi gerakan rakyat untuk membangun partai politik sebagai kemajuan dari konsolidasi gerakan rakyat yang mengaca dari pemilu-pemilu sebelumnya karena tidak adanya kesatuan daripada perjuangan gerakan rakyat berbagai organisasi.

Ilhamsyah juga menilai, momentum pemilu 2019 harus dijadikan ajang konsolidasi semua elemen masyarakat yang membawa program-program kerakyatan untuk menciptakan Indonesia baru dan persatuan kekuatan massa sebagai pelakunya.

“Harapan kami, Partai yang dibangun harus mempunyai program-program yang kongkrit untuk menjawab persoalan yang dihadapi rakyat selama ini, seperti upah murah dan kontrak outsourching di buruh, perampasan tanah di tani, diskriminasi dan kekerasan bagi kaum perempuan dan lainnya. Partai juga diharapkan harus memiliki sikap terhadap penguasaan sumber daya alam yang selama ini di kuasai modal asing,” Tegasnya.

Selain dari banyaknya organisasi yang bergabung dalam RRI, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) merupakan organisasi Mahasiswa yang menyatakan pendukungan penuh dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh RRI untuk mewujudkan terbentuknya partai politik multisektoral.

Demikian yang dinyatakan oleh Sekjend LMND Arif Hidayatullah, bahwa Keterlibatan LMND secara langsung bukan tanpa dasar, disaat dinamika ekonomi politik saat ini maka diperlukannya persatuan yang luas untuk membangun kekuatan alternatif yang lahir dari tuntutan rakyat, ditambah situasi demokrasi seperti ini mengharuskan adanya partai politik yang mampu memperjuangkan kepentingan rakyat.

“Kemudian hanya partai politik yang berasal dari rakyatlah yang mampu membawa isu-isu strategis seperti kesehatan gratis-berkualitas, pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis, membangun industri nasional, hapus hutang luar negeri serta menasionalisasi aset tambang asing,” Tutupnya.

Konsolidasi lanjutan pembentukan Partai Politik dimulai dengan digagasnya persatuan gerakan buruh dengan nama Gerakan Buruh Indonesia (GBI), yang pada akhirnya dihari bersejarah bagi gerakan buruh sedunia yaitu pada tanggal 1 mei 2016 mendeklarasikan suatu Ormas sebagai tahapan terbentuknya Partai Politik yaitu Ormas Rumah Rakyat Indonesia (RRI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *