Roadshow Hari Anak Nasional 2020, Komnas PA Kunjungi Kabupaten Deli Serdang

oleh -53 views
Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak dan rombongan saat berbincang-bincang di ruangan Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK, Rabu (29/07/2020).(Foto : M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Sabtu (01/08/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Komnas PA (Komisi Nasional Perlindungan Anak) adakan Roadshow kesejumlah daerah.

Roadshow Komna PA yang dipimpin Ketua Umum Arist Merdeka Sirait, Sekjend Dhanang Sasongko dan salah seorang Komisioner Lia Latifah, kali ini ke daerah Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara yang dirangkai beberapa kegiatan dengan didampingi Junaidi Malik ketua LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Deli Serdang beserta pengurus lainnya mengunjungi daerah-daerah yang jauh dari jangkauan keramaian tepatnya di Kecamatan STM Hilir di Desa Sido Muncul.

Dalam agendanya Roadshow Komnas menyerahkan Bansos berupa sembako kepada warga kurang mampu, pemberian akte lahir gratis, dan sekaligus pengukuhan Pokja (Kelompok Kerja) Kecamatan STM Hilir LPA Deli Serdang serta penyerahan piagam penghargaan kepada Tokoh Pemuda yang diberikan kepada Rahmad S.Ag dan Darma Ade Putra Hutasuhut dan penghargaan kepada dua orang duta anak untuk Kabupaten Deli Serdang Kyrana dan Livta, penyerahan diberikan langsung Arist Merdeka Sirait.

Selain kunjungan ke daerah-daerah pedalaman di Kabupaten Deli Serdang, Komnas PA juga melakukan kunjungan ke Polresta Deli Serdang dengan memberikan sertifikat penghargaan atas kinerja cepat jajaran Polresta dalam menangani dan mengungkap kasus-kasus kejahatan terhadap anak di wilayah hukum Polresta Deli Serdang.

Rangkaian acara di STM Hilir kepengurusan Pokja Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara secara resmi dikukuhkan oleh Ketua LPA Deli Serdang Junaidi Malik, di Dusun 8 Sido Muncul Desa Gunung Rintih Kecamtan STM Hilir, Selasa (28/7) kemarin.

Pengukuhan Pokja ini disaksikan Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dan rombongan, Camat STM Hilir Hesron T. Girsang AP. MSI, Kapolsek Talun Kenas AKP Hendra Tambunan diwakili Kanit Intelkam Iptu Abdi Pria Dinata, Danramil – 20/TK Kapten Arm Paidi diwakili Serka R. Manik, Kades Gunung Rintih Neken Tarigan, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Rintih Aipda F. Sihombing, tokoh pemuda Kabupaten Deli Serdang yang perduli terhadap anak Darma Ade Putra Hutasuhut, Rahmad, S.Ag, tokoh masyarakat, serta tokoh agama di Kecamatam STM Hilir.

Acara digelar secara sederhana dengan berbagai rentetan kegiatan, dimulai pemberian akte kelahiran gratis kepada 15 anak Dusun 8 Sido Muncul Desa Gunung Rintih oleh Arist Merdeka Sirait dan Muspika Kec. STM Hilir. Dan pemberian surat mandat Pokja Kecamatan STM Hilir oleh Arist Merdeka Sirait kepada Alamsyah Putra selaku Ketua Pokja Kec. STM Hilir.

Dalam sambutanya, Arist Merdeka Sirait berharap pengurus Pokja Kecamatan STM Hilir dapat memberikan kontribusi maksimal guna melindungi anak khususnya di STM Hilir.

“Pemerintah saat ini benar-benar memperhatikan nasib anak karena anaklah masa depan bangsa dan negara ini. Perhatian itu tertuang dalam banyak hal, seperti sejumlah aturan yang khusus baik Undang-undang maupun aturan lain di bawahnya,” terang Arist.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Camat STM Hilir, Esron Girsang mengatakan, pihaknya bangga dengan keberadaan Pokja di STM Hilir kini telah dikukuhkan.
Menurutnya, ini akan semakin menambah energi untuk menangani persoalan anak di Kecamatan STM Hilir.

“Kami berharap agar nantinya pengurus Pokja STM Hilir ini dapat bermitra dengan instansi terkait, baik dari unsur pemerintah maupun dengan yang lainnya,” harap Camat.

Roadshow hari berikutnya Rabu (29/7) Komnas PA berserta rombongan dan pengurus LPA Deli Serdang mengunjungi Mapolresta Deli Serdang.

Kedatangan Ketua Umum Komnas PA dan rombongan di sambut langsung Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK yang menerima kunjungan Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Dan dalam kunjungan tersebut Komnas PA memberikan penghargaan atas dedikasi dan kerja keras dalam penegakan hukum dan perlindungan anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait kepada Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK di Loby Polresta Deli Serdang.

Arist Merdeka Sirait dalam penghargaannya itu menyatakan, reward tersebut pantas diterima dimana dalam catatan pihaknya sepanjang tahun 2020 telah sukses menangani kasus tindak pidana kekerasan terhadap anak dibawah umur.

Selsin dihadiri Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol. Yemi Mandagi, SIK, Waka Polresta Deli Serdang AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK, Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, Sekjend Dhanang Sasongko, Komisioner Lia Latifa, Kabag Sumda Polresta Kompol Dr. Sri Pinem, SH, Mkn, Kasat Reskrim Polresta Kompol Muhammad Firdaus, SIK, MH, Kanit PPA Sat Reskrim IPDA Resti Widya Sari, S,Trk, Ketua LPA Deli Serdang Junaidi Malik, Wakil Ketua I OK. Hendri, SH, Mkn, Wakil Ketua II Andi Tarigan, SH.

Sementara itu, Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK menyampaikan, keberhasilan Polresta Deli Serdang dalam menangkap pelaku kekerasan terhadap anak tidak lepas dari dukungan, semangat serta kerja keras personil dan jajarannya dalam menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polresta Deli Serdang.

Penghargaan yang diberikan kepada jajaran Polresta Deli Serdang selain Kapolresta, Arist Merdeka Sirait juga memberikannya kepada Wakapolresta AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK, Kasat Reskrim Kompol M. Firdaus, SIK, MH dan Kanit PPA Polresta Deli Serdang.

“Alhamdulillah, dengan ungkap kasus kekerasan terhadap anak di wilayah Polresta Deli Serdang dapat terungkap, Hal ini sebagai wujud pelayanan prima kami terhadap masyarakat bahwa Polri senantiasa hadir untuk memberikan pelindungan dan menjaga kamtibmas,” ujar Kapolresta.

Untuk pencegahan, Perlu dikedepankan upaya preventif, preemtif, Dan memberikan pendidikan kepada masyarakat dan mengajak masyarakat terlibat untuk mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

Kapolresta juga menambahkan, pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Polresta Deli Serdang untuk mempertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

Terpisah Junaidi Malik Ketua LPA Deli Serdang saat ditemui dikantornya jalan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (01/08) memberikan tanggapannya terkait rentetan kegiatan Roadshow Komnas PA di Deli Serdang kepada wartawan, “Ternyata banyak anak di pelosok Nusantara yang tidak pernah tahu hari anak nasional itu diperingati tanggal 23 Juli tiap tahunnya, hal ini kegiatan LPA sengaja dilakukan di daerah-daerah pedalaman yang ada di Kabupaten Deli Serdang tepatnya didusun 8 Sido Muncul Desa Gunung Rintih Kecamatan STM Hilir LPA sebagai referentasi Komnas PA dapat berbagi tentang pentingnya anak-anak Indonesia melindungi dirinya dimasa pandemi Virus Corona yang sampai saat ini belum juga hilang dari Indonesia”

“Saya bersama pengurus LPA Kabupaten Deli Serdang akan terus mengkampanyekan tentang hak-hak anak agar setiap keluarga dan setiap orang tua dapat mampu menjadi orang tua dan keluarga melindungi anak-anaknya, memberikan setiap hak-haknya agar anak-anak kita khususnya di Deli Serdang dapat tumbuh berkembang menjadi generasi yang unggul dimasa yang akan datang, kemudian bahwa peringatan Hari Anak Nasional yang kita laksanakan secara sederhana, namun saya yakin penuh makna ini dapat dijadikan sebuah langkah kecil bagi kita yang setiap memiliki anak untuk menyiapkan anak-anaknya menjadi masa depannya, karena melindungi anak berarti kita menyelamatkan masa depan,” tutur Junaidi Malik.

“Pesan saya untuk pemerintah Kabupaten Deli Serdang, bahwa saya sangat bangga apa yang sudah dilakukan pemerintah, itu dibuktikan status Kabupaten Layak Anak dengan predikat Madya, namun jangan kita jumawa dan juga jangan kita lupa bahwa sesungguhnya hari ini kita masih banyak menemukan bahwa anak-anak di Deli Serdang yang belum mendapatkan hak-hak sesuai dengan kodratnya. Saya yakin bahwa aparat penegak hukum pihak kepolisian polresta Deli Serdang punya komitmen yang tinggi, punya satu kesungguhan sebagai upaya implementasi dari program promoter profesional modern dan terpercaya, sehingga setiap anak yang berkonflik dengan hukum baik sebagai pelaku, korban maupun saksi ketika mereka berhadapan dengan hukum anak-anak tersebut mendapatkan keadilan, dan saya berharap sebagai masyarakat mengajak pemerintah dan penegak hukum untuk bisa tumbuh bersama mewujudkan kepentingan terbaik anak sehingga kita punya generasi-generasi emas yang menjadi pemimpin dimasa depan sehingga kabupaten Deli Serdang yang kita cintai ini menjadi lebih baik dan lebih maju dan semakin rukun dalam kebhinekaan,” tutup Junaidi Malik.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *