Ribuan Warga Kota Probolinggo Terima Bansos Tahap Ketiga

oleh -73 views
Foto : Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, saat menyalurkan bansos kepada masyarakat penerima manfaat secara simbolis, Minggu (12/9).

PROBOLINGGO, Minggu (12/9/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kota Probolinggo kembali menyalurkan bantuan sosial tahap ketiga kepada 2.877 penerima manfaat yang terdampak covid-19.

Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Kepala Dinas Sosial P2KB Rey Suwigtyo serta sejumlah camat dan lurah menyerahkan secara simbolis bantuan yang tersebar di 5 Kecamatan, Minggu (12/9).

Kepala Dinas Sosial P2KB, Rey Suwigtyo menyebutkan bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu dan beras 5 kilogram. Bantuan tersebut diberikan bagi masyarakat yang belum tercover di tahap sebelumnya serta belum menerima bantuan apapun baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Adapun rincian penerima manfaat sebanyak 2.877 KK yakni Kecamatan Kademangan sebanyak 852 KK, Kecamatan Wonoasih sebanyak 350 KK, Kecamatan Kedopok sebanyak 344 KK, Kecamatan Kanigaran sebanyak 360 KK, dan Kecamatan Mayangan sebanyak 971 KK.

Wali kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menjelaskan, penyaluran bantuan ini dilakukan secara bertahap di 5 kecamatan, dan tepat sasaran.

“Ini adalah bentuk perhatian dari pemerintah untuk memastikan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat tepat sasaran dan terlaksana dengan protokol kesehatan yang ketat. Kita harus membiasakan dan mengedukasi masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan,” ujar Wali Kota.

Menurutnya, pandemi covid-19 telah mengakibatkan sektor ekonomi dan sektor usaha mengalami penurunan. Ia berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan dapat mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini. Bukan untuk dibelikan hal-hal lain selain kebutuhan pangan dan kebutuhan penting lainnya.

Wali kota menyebutkan, bulan lalu Pemerintah Kota Probolinggo telah menyalurkan bantuan bagi 30.888 KK se-kota. Dan akan disiapkan kembali bagi penerima manfaat sejumlah 34.000 KK. Dari data-data yang masuk akan terus diperbaiki.

“Terkait penyaluran bansos ini jangan sampai ada yang terlewati atau tidak ada verifikasi di lapangan,” tegas Habib Hadi sapaan akrab walikota Probolinggo ini.

Habib Hadi mengatakan, Pemerintah Kota Probolinggo memiliki konsep didalam penanganan dan penyaluran bantuan sosial. Permasalahan sosial dan kesehatan harus mampu berjalan seirama. Sehingga masyarakat dihimbau untuk melakukan vaksin dan tidak terpengaruh berita-berita hoax terkait vaksin.

“Mudah-mudahan lebih banyak masyarakat yang sadar untuk divaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Tanpa adanya kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat untuk saling mendukung satu sama lainnya, mustahil kesuksesan program vaksin dapat berjalan sesuai harapan. Vaksin adalah tanggung jawab kita semua untuk menjaga diri sendiri dan keluarga serta lingkungan kita,” tandasnya.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *