Rektor Universitas Jember Lantik 5424 Mahasiswa Baru

Jember, Suara Indonesia-News.Com – “Masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ada di tangan saudara.” Pesan sarat arti ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD saat melantik 5424 mahasiswa baru Universitas Jember tahun akademik 2014/2015 dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di Stadion Universitas Jember, Kampus Tegalboto (11/8). Para mahasiswa baru Universitas Jember ini terdiri dari 4835 mahasiswa program S1 dan 589 mahasiswa program Diploma.
Oleh karena itu, Rektor mengharapkan agar para mahasiswa baru bersungguh-sungguh menimba ilmu di Kampus Tegalboto. “Keberhasilan diterima di perguruan tinggi negeri wajib disyukuri, untuk kemudian disikapi dengan belajar serius. Sebagai mahasiswa Anda diminta bersikap mandiri dan dewasa. Harus mengedepankan cara-cara yang baik dalam setiap proses perkuliahan. Siap berhasil sekaligus siap gagal sebagai konsekuensi dinamika dalam mencapai cita-cita. Ingat, Anda semua calon pemimpin masa depan Indonesia,” ujar Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD.
Masih menurut Rektor, mahasiswa baru Universitas Jember sejatinya sudah memiliki modal untuk berkiprah dalam pembangunan bangsa. Buktinya, mereka yang menjadi mahasiswa baru Universitas Jember adalah siswa-siswi pilihan yang sudah melewati saringan ketat. “Tahun ini rata-rata nilai calon mahasiswa baru yang memilih Universitas Jember dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mengalami kenaikan. Untuk kelompok IPA jika tahun lalu Universitas Jember berada di peringkat 26 kini naik ke peringkat 13. Untuk kelompok IPS, tahun ini ada di peringkat 15 sementara tahun lalu di peringkat 36,” kata Drs.Moh. Hasan, Msc., PhD. Untuk diketahui, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (2014) diikuti oleh 62 perguruan tinggi negeri di Indonesia.
Untuk membantu mahasiswa mencapai cita-cita, Universitas Jember telah merancang berbagai program, salah satunya adalah Program Pengenalan Kampus (PK2) yang diselenggarakan serentak di semua fakultas dari tanggal 11 sampai dengan 16 Agustus 2014. Kegiatan PK2 dirancang agar mahasiswa baru siap memasuki dunia kampus, yang berbeda dengan lingkungan sekolah. Materi PK2 antara lain pengenalan perguruan tinggi negeri, pengembangan sifat kritis, ketrampilan berkomunikasi, pola pikir prestatif dan materi lainnya. Mulai tahun ini, para mahasiswa baru Universitas Jember juga dibekali dengan materi pembinaan karakter yang menitikberatkan pada materi kedisiplinan dan akhlak yang baik. Khusus materi pembinaan karakter di selenggarakan di hari Sabtu dan Minggu selama bulan September 2014 dengan melibatkan pelatih dari Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI-AD Jember. Selain mengikuti kegiatan PK2, para mahasiswa baru akan mengikuti Pekan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2Maba) yang digelar di fakultas masing-masing.
Sementara itu dalam laporannya, Pembantu Rektor III Universitas Jember, Prof. Dr. M. Saleh menginformasikan pada tahun akademik 2014/2015 ini, Kampus Tegalboto menerima 1241 mahasiswa dengan fasilitas beasiswa Bidik Misi. “Kami juga menerima 16 mahasiswa asing yang berasal dari Thailand dan Kamboja. Universitas Jember juga mendidik 8 orang mahasiswa dari Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam program beasiswa afirmasi,” kata Prof. Dr. M. Saleh.
Berikut jumlah mahasiswa baru Universitas Jember tahun akademik 2014/2015 (program S1 dan Diploma) per fakultas.

No Fakultas/Program Studi Jumlah
Hukum 587
Ilmu Politik dan Ilmu Sosial 427
Pertanian 463
Ekonomi 1116
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1013
Sastra 268
Teknologi Pertanian 293
Kedokteran Gigi 89
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 226
Kedokteran 110
Kesehatan Masyarakat 212
Teknik 512
Farmasi 121
Ilmu Keperawatan 154
Sistem Informasi 78

(iim)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here