Ratusan Rumah Warga di Lumajang Terendam Banjir

Salah satu rumah warga yang terendam

LUMAJANG, Kamis (25/1/2018) suaraindonesia-news.com – sedikitnya 343 rumah di Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terendam banjir yang hingga kini belum surut.

Banjir disebabkan karena hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (23/1) malam lalu dan juga dikarenakan meluapnya avour 12 kapal keruk yang tidak mampu menampung debit air.

Namun menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi S kepada media mengatakan bahwa peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini, tetapi 343 KK terendam banjir dengan Ketinggian air sekitar 40 cm – 80 cm.

“Semalam air tersebut terus naik dan meluap ke jalan sampai ke perumahan warga di Dusun Wungurejo Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur,” ujarnya kepada wartawan, tadi sore.

Kata Wawan, air juga menggenangi jalan dan lapangan dusun setempat, dengan ketinggian air hingga setinggi 1 meter.

Baca Juga: Lawan Arus, Warga Tempeh Tewas 

Seluruh potensi yang dimiliki BPBD Kabupaten Lumajang, kata Wawan sudah dikerahkan untuk menanggulangi banjir tersebut.

“Kami telah menempatkan perahu karet di lokasi banjir yang ketinggian airnya mencapai 50 meter. Upaya evakuasi juga dilakukan terhadap warga yang akan beraktivitas, dan mengantarkan anak berangkat sekolah. Selain itu, satu unit tangki air bersih BPBD Lumajang diterjunkan di lokasi banjir.

“5000 liter air bersih akan disalurkan kepada ratusan warga yang terdampak banjir,” bebernya lagi.

Pihak BPBD Kabupaten Lumajang terus memantau lokasi banjir untuk mengantisipasi banjir susulan jika sewaktu-waktu hujan deras kembali turun.

“Kami juga mengimbau warga agar selalu waspada ketika terjadi hujan deras,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here