Ratusan Masyarakat Padati Perayaan HUT Ke 84 Tahun Pekabaran Injil (PI) di Kabupaten Maybrat

oleh -152 views
Ibadah syukuran HUT PI ke 84 tahun 2021 di Maybrat. Yaksoro (18/1/2021).

AITINYO, Senin (18/1/2021) suaraindonesia-news.com – Ratusan warga masyarakat Kabupaten Maybrat rayakan 84 tahun Injil diwiayah Ayamaru, Aitinyo dan Aifat (A-3) pada tahun 1937 oleh misionaris asal Maluku yaitu Yakobus Solisa dan hamba Tuhan Johan Frans. Pertama kali Injil masuk tanah besar A-3 melalui Dusun Ikowok Kampung Yaksoro, Distrik Aitinyo Tengah, Kabupaten Maybrat. Senin (18/1/2021).

Ibadah perayaan HUT PI ke 84 tahun itu dipimpin langsung oleh
Pdt. Matias Yarollo S,Th, dengan mengangkat tema “Kembali kepada Alkitab”.

Sementara itu Bupati Maybrat Drs. Bernard Sagrim MM dalam sambutannya mengatakan, kedepan hari besar Injil masuk di Kabupaten Maybrat semua kegiatan akan kita hentikan sejenak dari luar yang masuk ke dalam, untuk menghargai sebagai umat Allah yang beragama.

“Pemerintah Kabupaten Maybrat akan terus mengutamakan dan mendukung penuh kegiatan penginjilan firman tuhan di tanah Papua ini,” ujar Bupati Bernard Sagrim.

Sagrim berharap kepada Gereja-Gereja maupun Pendeta agar dapat bekerja sama untuk saling mendukung, dan menyampaikan firman Tuhan secara bergantian dari mimbar ke mimbar kepada masyarakat Kabupaten Maybrat.

“Saya mengajak semua masyarakat agar dapat mendukung penuh pemerintah pusat RI terkait masalah Otsus yang direncanakan akan diperpanjang, yang mana nantinya saya akan mengutamakan pemekaran Kabupaten Maybrat Sau yang berlokasi di Distrik Ayamaru, dan saya juga sudah sampaikan kepada sekda Kabupaten Maybrat untuk menyiapkan dokumen pemekaran daerah Atinyo menjadi Kabupaten,” tuturnya.

Tambah Bernard, pihaknya juga akan mengeluarkan sebuah regulasi atau aturan untuk menetapkan tanggal 17 Januari sebagai hari libur di Kabupaten Maybrat untuk tetap menghormati kedua hamba Tuhan yang telah mengenalkan Injil di bumi Maybrat.

“Selain itu juga akan menetapkan tanggal 21 Oktober hari libur sebagai hari Teofani sebagai suatu wujud mujizat bagi orang Maybrat melalui hamba Tuhan Ruben Rumbiak,” tutup Bupati Bernard Sagrim.

Sementara itu Ketua panitia HUT PI ke-84 Nehemia Isir, SE MM dalam laporan panitia menjelaskan bahwa kedatangan Injil membawa bumi maybrat menjadi terang.

“Jangan melihat gereja tetapi harus melihat Tuhan. Penginjil telah membawa kita terang selama 84 tahun ini. Oleh karena itu perlu kita sukuri agar tetap kita mengimani Injil di di Kabupaten Maybrat ini dengan baik lagi,” jelasnya.

Dikatakannya, Panitia sebagai pelaksana untuk memperlancar kegiatan sukuran dan puji Tuhan akhirnya berjalan dengan baik, yang walaupun dalam hujan dan gerimis tetapi harus tetap mensyukuri karena berkat ini berkat Tuhan kepada warga Maybrat dalam merayakan HUT PI.

Dijelaskan, bahwa perayaan HUT PI tahun ke-84 disponsori penuh oleh Pemkab Maybrat. Jadi perayaan atas pentunjuk dan saran sehingga meksanakan atas koridor pemerintah.

“Perencanaan hingga pelakasaaan perayaan HUT PI ke-84 dari pemerintah Mabrat dengan dana yang bersumber dari APBD Maybrat sebesar Rp 500 juta,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan jelang HUT PI, kata dia, panitia melakukan rehab tempat makam kedua Almarhum penginjil yang dibangun di samping gereja GKI Yaksoro. melakukan pembersihan dan pengecekan tugu pekabaran Injil di Aitinyo. Menghadirkan anak cucu dari penginjil pada acara sukuran HUT PI.

Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan tetap mempedomani protokol kesehatan yakni semua tamu yang masuk harus mengecel suhu badan,cuci tangan,pakai masker dan menjaga jarak.

Turut hadir dalam perayaan HUT PI ke 84 itu yakni Drs. Bernard Sagrim MM, Bupati Kabupaten Maybrat,
AKBP Sahad Amonangan Siregar S,ik Kapolres Sorong Selatan, Mayor Inf Andri Suardi S. Sos Plh Kasdim Kodim persiapan 1809/Maybrat, Ferdinando Solossa SE Ketua DPRD KabupatenMaybrat, Jhony Way S. Hut M. Si, Sekda Kabupaten Mayrbat, Drs. Agistinus Saa M. Si Staf Khusus Bupati Maybrat.

Reporter : Ones
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *